Sejumlah Perayaan ‘Mirip’ Thanksgiving Ala Indonesia

Sejumlah Perayaan ‘Mirip’ Thanksgiving Ala Indonesia

Sejumlah Perayaan ‘Mirip’ Thanksgiving Ala Indonesia

Grebeg Syawal di Yogyakarta (foto: menpan.go.id)


Thanksgiving Day saat ini sedang dirayakan oleh masyarakat Amerika Serikat. Namun sejumlah negara juga memiliki perayaan atau festival khusus sebagai ucapan rasa syukur seperti Thanksgiving. Beberapa diantaranya seperti Chuseok Harvest di Korea Selatan, Erntedankfest di Jerman hingga Kinro Kansha no Hi di Jepang.

Baca juga: Tak Hanya Amerika, Festival Unik Layaknya Thanksgiving Dirayakan di Belahan Dunia

Di Indonesia ada sejumlah tradisi yang mirip dengan Thanksgiving sebagai ucapan rasa syukur. Yuk simak ulasannya!

1.  Grebeg Syawal di Yogyakarta

Grebeg Syawal adalah sebuah tradisi di momen Lebaran yang dilakukan oleh Keraton Yogyakarta. Sesuai namanya, tradisi ini dibuat untuk menyambut kedatangan bulan Syawal dan biasanya dilakukan selepas solat Idul Fitri. Tradisi ini dilakukan di sekitar alun-alun Keraton Yogyakarta dengan pelepasan Gunungan yang berisi kue-kue penganan yang nantinya diperebutkan oleh warga.

2. Seren Taun di Jawa Barat

Seren Taun adalah upacara adat pasca panen yang dilakukan oleh masyarakat suku Sunda. Tradisi ini dilakukan masyarakat sebagai rasa syukur khususnya para petani pada Tuhan Yang Maha Esa atas segala hasil panen yang didapatkan.

Prosesi Seren Taun terdiri dari empat ritual selama tujuh hari yang puncaknya adalah persembahan kesenian, ngajayak sebagai persembahan hasil bumi (berbagai buah-buahan dan biji-bijian), babarit sebagai sebuah rangkaian tembang rohani dan doa atau mantra yang disebut dengan rajah pwahaci.

3. Ngampung di Bali

Upacara perayaan rasa syukur lainnya yakni tradisi Ngampung yang dilakukan di Bali. Ngampung merupakan upacara yang dilakukan saat panen padi tiba. Upacara ini identik dengan sesajen berwarna kuning yang terdiri atas nasi kuning, dilengkapi dengan kuning telur serta bunga-bunga berwarna kuning.

Nah perayaan Thanksgiving di dalam negeri juga tak kalah menarik dari perayaan di berbagai negara lainnya. Semua tradisi ini tujuannya sama yakni sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.




thanksgivingthanksgiving daygrebeg syawalseren taunngampung

Share to: