Bayar Tol Menggunakan Multi Lane Free Flow, Segera Diterapkan di Indonesia

Bayar Tol Menggunakan Multi Lane Free Flow, Segera Diterapkan di Indonesia

Bayar Tol Menggunakan Multi Lane Free Flow, Segera Diterapkan di Indonesia

Cara Bayar Tol Menggunakan Multi Lane Free Flow (Foto: Autostradetech.it)


Multi Lane Free Flow (MLFF) akan segera diterapkan di Indonesia. Saat ini, telah dilakukan uji coba penerapan sistem MLFF di Jalan Tol Bali-Mandara.

Nantinya, penerapan sistem MLFF akan digunakan di Jakarta dan Jawa Barat. Lalu, daerah-daerah lainnya akan menyusul.

Dengan begitu, penerapan sistem MLFF ini akan mengganikan sistem tapping menggunakan e-toll yang sudah digunakan di Indonesia sebagai transaksi pembayaran tol sejak tahun 2017 lalu.

Baca Juga: Fakta Menarik Multi Lane Free Flow, Transaksi Pembayaran Tol yang Bakal Gantikan E-toll di Indonesia

Lalu, bagaimana cara membayar tol menggunakan sistem MLFF ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Bayar Tol Menggunakan Multi Lane Free Flow

Foto: Istimewa

Sistem MLFF nantinya menggunakan teknologi digital Global Navigation Satellite System (GNSS) yang memungkinkan perjalanan pengguna jalan tol dipantau melalui GPS pada ponsel pintar menggunakan Cantas.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menjelaskan setelah masyarakat mengunduh Cantas perlu registrasi menyeratakan data diri serta melakukan pilihan pembayaran pada aplikasi tersebut.

Aplikasi ini juga termasuk dalam Electronic on board unit atau E-OBU yang bekerja terintegrasi ke sistem pembayaran melalui basis GPS.

Project Manager PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Emil Iskandar, sebagai pemilik pekerjaan yang menangani proyek ini, menjelaskan setelah E-OBU aktif, GPS akan menentukan posisi pengguna berdasarkan satelit yang kemudian proses pencocokan peta akan terjadi ke pusat sistem.

"Jadi saat keluar rumah, pengguna jalan tol sudah bisa langsung mengaktifkan aplikasi Cantas, tidak perlu di depan gerbang tol," kata Emil.

Tidak Ada Pembatas di Gerbang Tol

Foto: Autostradetech.it

Penerapan MLFF meniadakan barrier di gerbang tol sebab tak dibutuhkan lagi karena kendaraan yang melintas terdeteksi sensor. Posisi kendaraan juga telah terdeteksi GNSS.

Pengguna juga wajib memastikan saldo tersedia pada aplikasi sebelum memasuki gerbang tol.

"Nanti aplikasi akan mengirimkan notifikasi jika ada pengguna yang masuk, namun saldo tidak mencukupi. Selain itu, kami juga menjalin kerja sama Polri jadi jika ada pengguna masuk namun belum memiliki aplikasi, maka Korlantas akan mengirimkan peringatan," kata Emil.

Baca Juga: Lagi Viral, Ini Cara Bikin Spotify Wrapped 2023

Jasa Marga telah memasang tiang sensor pembayaran MLFF di ruas tol Jagorawi. Tiang sensor yang tingginya 24 meter dan beratnya sekitar 4,5 ton itu mulai dipasang pada 19 Oktober hingga 20 Oktober.




Multi Lane Free FlowMLFFSistem Multi Lane Free FlowBayar tol pakai Multi Lane Free FlowCara bayar tol Multi Lane Free Flow

Share to: