Grace Natalie Inisiasi Gerakan Sampah Jadi Emas, Ajak Warga Peduli Lingkungan

Grace Natalie Inisiasi Gerakan Sampah Jadi Emas, Ajak Warga Peduli Lingkungan

Grace Natalie Inisiasi Gerakan Sampah Jadi Emas, Ajak Warga Peduli Lingkungan

Grace Natalie bersama warga Sunter dalam kegiatan Sampah Jadi Emas (foto: Instagram/@gracenat)


Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menginisiasi gerakan Sampah Jadi Emas untuk sejumlah wilayah di Jakarta. Melalui gerakan ini, Caleg DPR RI Dapil Jakarta III tersebut ingin mengajak warga untuk lebih peduli terhadap masalah lingkungan. Gerakan Sampah Jadi Emas beberapa waktu lalu dilakukan di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

“Kita bisa lihat warga Sunter itu luar biasa antusiasmenya, semua warga nggak mau kalah nggak mau ketinggalan untuk ngumpulin sampah bersama dengan tetangga mereka. Apalagi disini 80 persen sampah botol plastik bener-bener udah dipilah jadi bersih banget. Kalau udah dibersihin nilainya itu bisa 4 kali lipat,” ujar Grace Natalie dalam sebuah video dikutip Sabtu, (16/12/2023). 

Baca juga: Caleg DRP RI Dedek Prayudi Beri Semangat Warga Cawang yang Terdampak Banjir

“Saya jadi makin yakin untuk melanjutkan program Sampah Jadi Emas ini ditempat-tempat lain.” Imbuhnya.

Warga di daerah Sunter yang antusias mengumpulkan sampah juga merasakan manfaat dari gerakan ini. Perubahan kebiasaan warga yang awalnya tak peduli dengan sampah menjadi ikut memerhatikan kebersihan lingkungan.

“Program Sampah menjadi emas menurut saya pribadi itu bagus jadi mengurangi sampah-sampah yang berserakan di jalan,” ujar Samijem, warga Sunter.

“Sebenarnya dulu gue cuek, masalah soal sampah. Tapi setelah gue tahu ada gerakan ini gue jadi mau ikutan,” ujar Martin, warga Sunter.

Baca juga: Faldo Maldini Gelar Kompetisi Futsal hingga Bazar UMKM Se-Jakarta Timur

Melansir akun Instagram Grace Natalie, per 7 Desember 2023, program Sampah Jadi Emas telah berhasil mengumpulkan lebih dari 1,7 ton sampah plastik dan kardus. Sampah tersebut akan kembali diolah untuk produk lain melalui kerja sama dengan pihak Bank Sampah. 




Grace NatalieSampah Jadi EmasPemilu 2024PSI

Share to: