Kisah Mas Jimboeng Pedagang Soto di Solo Jadi Fotografer Gibran Rakabuming

Kisah Mas Jimboeng Pedagang Soto di Solo Jadi Fotografer Gibran Rakabuming

Kisah Mas Jimboeng Pedagang Soto di Solo Jadi Fotografer Gibran Rakabuming

Mas Jimboeng dan Gibran Rakabuming (foto: Dok. Jimboeng)


Seorang bakul soto atau pedagang soto di Solo menjadi fotografer Gibran Rakabuming Raka. Ia adalah Mas Jimboeng, pemilik warung makan Soto Jimboeng. 

Kuliner Soto menjadi salah satu yang khas dan banyak ditemukan di Solo dan sekitarnya. Soto Jimboeng sendiri berada di daerah Bentakan, Baki, Sukoharjo. Desain tempat makan ini terbilang unik dengan.mengambil tema jawa tempo dulu yang dipenuhi oleh ornament benda-benda vintage ditambah view luar pemandangan sawah, bisa membawa kita ke masa lalu. Tak heran banyak artis ibu Kota yang datang kesini, mulai dari Giring hingga Chef Arnold.

Baca jugaEmil Dardak Temui Gibran Rakabuming di Solo, Sampaikan Harapan Warga Jatim

(foto: Kuyou)

Mas Jimboeng mulanya dipercaya menjadi fotografer acara pernikahan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda di tahun 2015. Ia kemudian juga kembali didapuk sebagai fotografer acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution hingga Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. 

Jimboeng resmi menjadi fotografer Gibran sejak dia maju menjadi calon Walikota Solo tahun 2020. Hingga saat ini Jimboeng masih setia mengikuti apapun aktivitas Gibran. Tak terkecuali seluruh kegiatan kampanye Pilpres 2024, Jimboeng ikut serta bersafari politik paslon 02 dari Sabang sampai Merauke.

(foto: Dok. Jimboeng)

"Kalau ada kegiatan saya ikuti mas Gibran, saat ini tak ada agenda, saya ngurusi warung. Kalau saya agenda keluar, warung ini juga sudah ada yang handle" ungkap pria pemilik nama asli Suroto tersebut.

Selama mengikuti kiprah Gibran, banyak hal yang berkesan bagi Jimboeng. Ia mengenal Gibran sebagai sosok pemimpin cerdas yang tak ingin dimanjakan oleh pengawalnya. Jimboeng menyebut Gibran tak pernah mau dianggap spesial, ia selalu ingin mendapat fasilitas yang perlakuan yang sama seperti kru dan seluruh pegawainya.

Baca juga: MAJA Labs Turut Sukseskan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, Gaet Pemilih GenZ melalui Web3

Kedekatan Jimboeng dan Gibran tak hanya perihal pekerjaan namun juga personal keluarga. Salah satu anak Jimboeng bahkan diberi nama oleh cawapres paslon nomor dua tersebut.

"anak saya yang ketiga yang memberi nama Mas Gibran, Janu lan Ubet Mahardika. Sedangkan anak yang ke empat yang kasih nama Pak Jokowi, Ayune Jan Merak Ati" pungkasnya.




Gibran RakabumingJimboengSoto JimboengFotografer GibranMas Jimboeng fotograferSolo

Share to: