Sosok Gibran Rakabuming mencuri perhatian sejak awal namanya digadang-gadang masuk ke bursa Pilpres 2024. Usai mengumumkan menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto, anak sulung Jokowi ini semakin ramai dibicarakan di media sosial.
Baca juga: Direktur Strategis Puspenpol Adrian Zakhary Nilai Gibran Cerdik Bermedia Sosial di Pilpres 2024
Meski awalnya mendapat banyak sentiment negatif karena dianggap belum memiliki banyak pengalaman di dunia politik seperti cawapres lainnya, Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) menilai Gibran berhasil membalikan keadaan.
“Selama kurang lebih tiga bulan kemarin sosok Gibran yang mendapat serangan negatif mampu tampil dengan baik selama kampanye dan berhasil memunculkan sosoknya yang organis sebagai anak muda yang cerdas,” ungkap Adrian Zakhary, Direktur Strategis Puspenpol.
“Sehingga Gibran sukses mendapatkan reputasi dan citra yang diterima anak-anak Indonesia,” imbuhnya.
Hal tersebut tak lepas dari bagaimana Gibran mengaktifkan media sosial miliknya. Ia menyadari bahwa pemilih Indonesia didominasi oleh Gen Z dan Milenial yang sangat melek dan aktif di media sosial khsususnya TikTok dan Instagram.
Baca juga: Pakar Sebut Gibran Dongkrak Suara Paslon 02 di Pemilu 2024
Data Puspenpol mengungkap adanya kenaikan pengikut mencapai
400 persen di TikTok dan 200 persen di Instagram Gibran hanya dalam 1 bulan. Gibran
memimpin jauh dengan 3,3 juta followers di TikTok, sementara Cak Imin hanya
memiliki 430 ribu followers dan Mahfud MD memiliki 351 ribu followers.
“Munculnya mas Gibran ini menjadi sosok penting dan saya
lihat Mas Gibran cukup aware dengan hal itu. Bagaimana beliau mengaktivasi dari
official akunnya sendiri, dari inisiasi yang dilakukan, kreatif-kreatif yang
dibikin, gimmick-gimmick di sosial media. Artinya apa, kita melihat Gibran
Effect sangat berpengaruh terhadap kemenangan satu putaran,” kata Adrian.
Share to:
Related Article
-
Peringati Hari Kanker Sedunia, AHY Kenang Alm. Ibu Ani
Agus Harimurti Yudhoyono |February 05, 2020 13:00:00