ART Jakarta Gardens 2024 Siap Digelar 23-28 April, Hadirkan 23 Galeri Seni Nasional

ART Jakarta Gardens 2024 Siap Digelar 23-28 April, Hadirkan 23 Galeri Seni Nasional

ART Jakarta Gardens 2024 Siap Digelar 23-28 April, Hadirkan 23 Galeri Seni Nasional

ART Jakarta Gardens 2024 Siap Digelar 23-28 April (Foto: Kuyou)


Pameran seni ART Jakarta Gardens 2024 siap digelar pada 23-28 April 2024 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta.

Tahun ini menjadi tahun ketiga penyelenggaraan ART Jakarta Gardens yang pertama kali digelar pada tahun 2022 lalu.

Tahun ini, Art Jakarta Gardens menjanjikan kehadiran yang lebih ajek seiring meluasnya perhatian publik terhadap pendekatannya yang menarik untuk menyajikan seni.

Baca Juga: Kunjungi Art Basel Hong Kong 2024, Adrian Zakhary: Pameran Kelas Dunia, Indonesia Pasti Bisa

Tentang ART Jakarta Gardens 2024

Art Jakarta Gardens merupakan pameran seni rupa dengan latar udara terbuka di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Edisi perdananya pada 2022 merupakan terobosan dan inovasi oleh Art Jakarta, sebagai bagian dari MRA Group, selama masa pembatasan sosial akibat pandemi.

Memadukan presentasi karya seni untuk dalam dan luar ruang, Art Jakarta Gardens memunculkan kesegaran baru di tengah kekosongan ajang seni rupa selama masa pembatasan sosial dalam pandemi.

Sambutan positif dari kalangan seniman, kolektor, dan pemangku kepentingan ekosistem seni rupa lainnya mendorong Art Jakarta Gardens untuk hadir kembali tahun ini. Turut meramaikan kancah seni rupa di permulaan babak baru, Art Jakarta Gardens kini mengawali perjalanannya sendiri untuk menjadi bagian dari ekosistem seni yang layak dinantikan.

Enin Supriyanto, Artistic Director ART Jakarta Gardens mengatakan ART Jakarta Gardens tahun ini menghadirkan karya-karya terbaru dari seniman yang dibawa oleh masing-masing galeri. Selain itu, ART Jakarta Gardens dihadirkan sebagai acara apresiasi bagi para seniman di Indonesia.

“Edisi ketiga Art Jakarta Gardens tahun ini sungguh menggembirakan bagi kami, penyelenggara. Galeri yang ikut serta tetap antusias dan bersemangat, menghadirkan karya-karya terbaru dari para perupa yang mereka wakili. Demikian juga dengan para rekanan, yang bekerja sama dengan perupa untuk menyajikan instalasi khusus. Ditambah lagi dengan acara musik dan seni performans. Art Jakarta Gardens telah makin jelas karakternya sebagai acara apresiasi seni rupa yang khas, memperkaya ragam acara seni dan hiburan bagi warga kota Jakarta,” kata Enin Supriyanto.

Hadirkan 23 Galeri Seni Indonesia dan Internasional

Dalam Media Gathering ART Jakarta Gardens, Enin Supriyanto mengatakan ART Jakarta Gardens 2024 kali ini menghadirkan 23 galeri seni nasional yang dibagi menjadi dua tenda.

"Akan ada 23 galeri seni yang akan hadir menampilkan karya-karya terbaru dari seniman yang mereka wakili. Ada dua tenda utama di area Hutan Kota Plataran," ungkap Enin Supriyanto dalam Media Gathering ART Jakarta Gardens di ARTOTEL Suites Mangkuluhur, Jakarta, Selasa (2/4).

Beberapa galeri seni yang akan hadir dalam ART Jakarta Gardens 2024 adalah Art Agenda, ArtSerpong Gallery, Galeri Zen1, ISA Art Jakarta, Museum of Toys dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, di area terbuka Hutan Kota by Plataran akan dihadirkan 28 karya seni instalasi dari berbagai galeri seni. Art Jakarta Gardens menawarkan pengalaman memukau yang memadukan keselarasan seni dan alam bagi pengunjung. 

Kolaborasi ART Jakarta Gardens dengan Para Mitra

ART Jakarta Gardens 2024 terselenggara atas dukungan beberapa mitra. Beberapa mitra tersebut pun berkolaborasi dengan ART Jakarta Gardens untuk menghadirkan karya seni dari para seniman yang mereka wakili.

Seperti Bibit, aplikasi investasi digital yang telah mendapat pengakuan luas, akan menghadirkan Erwin Windu Pranata, seniman multidisipliner dari Bandung. Erwin akan memamerkan patung tiup (inflatable sculpture) yang diinspirasikan dari penjelajahan terhadap kebun miliknya, yang penuh berkah dari alam meski kerap terlupakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian ada Treasury, aplikasi digital yang pertama mendapatkan lisensi untuk perdagangan emas secara fisik, akan menghadirkan seniman muda berbakat Naufal Abshar, yang merancang koin emas untuk edisi terbatas, disajikan di dalam instalasi yang diciptakan khusus bertajuk “Gold is King” demi menyoroti keutamaan emas sepanjang masa. Figur keledai di dalam instalasi turut memberi penekanan pada makna keajekan dan stabilitas.

Lalu ada Xiaomi, jenama global dalam teknologi berkualitas, yang akan mengundang salah satu seniman fotografi Indonesia paling terkemuka, Davy Linggar. Memperkenalkan sebuah produk unggulan baru, Xiaomi 14, dengan fitur kamera yang digarap bersama Leica, Xiaomi akan memamerkan 14 karya Davy Linggar dengan latar ruang yang istimewa.

Kemudian ada iForte, penyedia jasa internet B2B dan infrastruktur telekomunikasi unggul di Indonesia, akan menyajikan karya Tomy Hersata, “We Hear You’re Here and There,” instalasi bunyi spasial yang mengandung unsur-unsur interaktif untuk mencerminkan realitas era digital kita yang terfragmentasi.

Dan yang terakhir ada Roca, salah satu merek utama dalam desain, produksi, dan pemasaran produk kamar mandi. Mitra ini berkolaborasi dengan this/PLAY untuk menyajikan secuplik pengalaman multisensori yang terinspirasi oleh “The Death of Marat” by Jacques-Louis David (1973), “Fountain” by Marcel Duchamp (1917), and “The Art of Painting” by Johannes Vermeer (1668). Dalam instalasi berjudul “Bathing is fair” ini, this/PLAY mencoba menangkap esensi kesunyian di tengah kekacauan.

Akan Ada Talkshow hingga Pertunjukan Seni

Untuk menghibur para pengunjung, ART Jakarta Gardens menghadirkan beberapa sesi hiburan, mulai dari talkshow hingga pertunjukan seni dan musik, seperti band White Shoes & The Couples Company dan Oomleo Berkaraoke.

Selain itu, para pengunjung juga bisa mengikuti public tour gratis dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Galeri ZEN1 X Superlative Gallery Hadirkan Pameran ‘BERQWUIS’ Mulai 1 April 2024

Semua informasi tentang ART Jakarta Gardens 2024, bisa dilihat melalui akun Instagram @artjakarta.




ART Jakarta Gardens 2024Hutan Kota by PlataranPameran seni JakartaPameran seni 2024

Share to: