Viral! Abu Janda Sebut Israel Jajah Palestina Itu Opini, Bukan Fakta

Viral! Abu Janda Sebut Israel Jajah Palestina Itu Opini, Bukan Fakta

Viral! Abu Janda Sebut Israel Jajah Palestina Itu Opini, Bukan Fakta

Abu Janda Sebut Israel Jajah Palestina Itu Opini (Foto: YouTube Samuel Christ)


Pegiat media sosial, Permadi Arya atau akrab disapa Abu Janda menyebut bahwa anggapan yang mengatakan Israel jajah Palestina hanyalah opini, bukan fakta yang sebenarnya.

Hal ini disampaikan Abu Janda saat menjadi narasumber di Podcast Samuel Christ. Dalam video podcast berjudul "Israel Jajah Palestina Itu Opini, Bukan Fakta!" tersebut, tampak awalnya Abu Janda mengkritik pendapat yang menyebut Israel jajah Palestina.

Baca Juga: Biodata ABU JANDA ARYA PERMADI Lengkap Agama, Umur dan Wiki, Aktivis Diburu Polisi Sebut Agama Islam Arogan

Pendapat itu dilontarkan oleh publik Indonesia dengan mengaitkan antara narasi dalam Mukkadimah UUD 1945 dengan konflik antara Israel-Palestina.

Menurut Abu Janda, pendapat yang mengaitkan UUD 45 dengan konflik Israel-Palestina adalah pendapat cocoklogi.

Abu Janda pun menegaskan bahwa persepsi terkait negara Israel jajah Palestina itu hanyalah opini, dan bukan fakta yang sebenarnya.

Sebab, kata dia, negara Israel itu didirikan bukan di atas tanah Palestina, melainkan di atas tanah milik Ottoman Turki.

"Itu cocoklogi karena narasi Israel jajah Palestina itu opini, bukan fakta. Faktanya, negara Israel itu didirikan bukan di atas tanah Palestina. Israel itu didirikan di atas Ottoman Turki," kata Abu Janda, dikutip dari kanal YouTube Samuel Christ, Kamis (16/5).

Ia pun menceritakan sejarah perang dunia kesatu terkait berdirinya negara Israel di atas tanah Ottoman Turki tersebut. Ketika itu, Ottoman Turki kalah dari Inggris. Kemudian, sebagian tanah Ottoman Turki diserahkan ke Inggris sebagai pihak yang memenangkan peperangan.

"Perang dunia kesatu Ottoman Turki itu terlibat, yang sekarang menjadi Turki, itu dulu masih kekhalifahan. Ottoman Turki kalah oleh Inggris di perang dunia kesatu," ungkap Abu Janda.

"Lalu, sebagian wilayahnya diserahkan sama Inggris sebagai rampasan perang, yang kalah nyerahin ke yang menang, Inggris ambillah itu wilayah jadi punya Inggris," jelasnya.

Setelah mengambil sebagian wilayah Ottoman Turki itu, lanjut Abu Janda, Inggris kemudian mendirikan negara Israel di atas tanah tersebut.

"Nah wilayah yang diambil Inggris dari Ottoman Turki ini di situlah Inggris mendirikan Israel yang bertahan sampai sekarang," ujarnya.

Pendapat Abu Janda tersebut pun mengudang amarah dari warganet di X (dulunya Twitter).

Baca Juga: Fakta-fakta Perdebatan ABU JANDA di Podcast Deddy Corbuzier bareng Gus Miftah, Dimaafkan sama Netizen?

"Kok bisa bisanya orang problematik kayak gini diundang ke podcast," ungkap salah satu warganet.




Abu JandaSamuel ChristPodcast Samuel ChristIsraelPalestina

Share to: