Susul Marcus Gideon, Kevin Sanjaya Umumkan Pensiun dari Badminton

Susul Marcus Gideon, Kevin Sanjaya Umumkan Pensiun dari Badminton

Susul Marcus Gideon, Kevin Sanjaya Umumkan Pensiun dari Badminton

Kevin Sanjaya Umumkan Pensiun dari Badminton (Foto: Instagram @kevin_sanjaya)


Kevin Sanjaya Sukamuljo mengumumkan pensiun sebagai atlet badminton mengikuti jejak mantan rekannya, Marcus Fernaldi Gideon.

Melalui Instagram miliknya, Kevin mengungkapkan alasannya pensiun meskipun usianya masih muda, yakni 28 tahun.

Baca Juga: Dikaruniai Anak Pertama, Valencia Tanoesoedibjo & Kevin Sanjaya Ungkap Doa dan Harapan

"Saya sangat bersyukur Tuhan telah memberikan karir yang luar biasa di dunia badminton," tulis Kevin Sanjaya.

"Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan @marcusfernaldig sampai saat ini, walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World championship," sambungnya.

Kevin telah memikirkan dan mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun dari bulu tangkis.

"Namun sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini," katanya.

"Saya telah berfikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini," tambahnya.

Mulai dari cedera yang ia alami, Marcus Gideon yang juga mengalami cedera, partner barunya yang dinilai kurang cocok, hingga prestasinya yang mandek menjadi pertimbangan Kevin.

"Lalu saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan," ungkapnya.

"Setelah itu, saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah ke depan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas," tambahnya.

Kevin pun sempat berdiskusi dengan pihak PBSI terkait hal tersebut. Namun, ia tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan hingga akhirnya memutuskan untuk pensiun.

"Beberapa bulan saya menunggu akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024. Namun jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya di akhir bulan Febuari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton," bebernya.

Kevin pun mengucapkan salam perpisahan dan meminta maaf jika keputusannya ini membuat para penggemarnya merasa kecewa.

"Saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini. Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini," ucapnya.

"Ketahuilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa dibilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya," imbuh Kevin.

Kevin Sanjaya berhasil meraih beberapa gelar dunia mulai dari Medali Emas Thomas Cup 2020 bersama tim Thomas Indonesia, Medali Emas Asian Games 2018 bersama tim Indonesia. Serta bersama Marcus Gideon meraih banyak gelar, seperti Medali Emas All England 2017, Medali Emas World Superseries Final 2017 dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Fakta-fakta Hubungan Kevin Sanjaya dan Herry IP yang Memanas, Berawal dari Indonesia Open 2022

Bersama Marcus Gideon, Kevin Sanjaya mendapatkan julukan 'The Minions'. Mereka juga memegang rekor sebagai ganda putra dengan menduduki posisi pertama terlama di dunia, yakni selama 226 minggu atau kurang lebih 5 tahun.




Kevin SanjayaKevin Sanjaya pensiunMarcus Gideon

Share to: