Pengamat Ungkap Peluang Anies vs Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

Pengamat Ungkap Peluang Anies vs Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

Pengamat Ungkap Peluang Anies vs Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

Pengamat Politik, Adrian Zakhary (Foto: Istimewa)


Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 semakin dekat. Beberapa daerah mulai dari tingkah kabupaten hingga provinsi akan mengadakan Pilkada, termasuk Jakarta.

Meski belum ada calon resmi, beberapa nama mulai masuk radar Pilgub Jakarta kali ini. Mulai dari mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan hingga mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil muncul dalam radar Pilgub Jakarta.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungguli Anies dalam Survei Pilgub Jakarta Versi ASI

Anies sendiri baru-baru ini menyebutkan ia sedang memperimbangkan dengan serius mengenai kemungkinan ia akan maju lagi di Pilgub Jakarta usai kalah di Pilpres kemarin.

Pengamat politik, Adrian Zakhary menyebut peluang terjadinya duel Anies Baswedan melawan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta masih besar terjadi. Hal lantaran keduanya masih belum menentukan langkah di Pilkada tahun ini.

"Peluang terjadinya duel Anies vs RK masih sangat berpotensi terjadi. Sampai saat ini Anies belum menentukan langkah dirinya usai kalah di Pilpres, sementara RK juga belum menentukan langkah dirinya yang bisa ikut kontestasi Pilgub Jakarta atau Jabar," ungkap Adrian Zakhary.

Adrian menilai Anies dan Ridwan Kamil sama-sama memiliki rekam jejak yang baik sebagai Gubernur. Namun Anies sedikit lebih diuntungkan karena statusnya sebagai mantan Gubernur Jakarta.

"Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sama-sama memiliki pengalaman dalam kepemimpinan daerah yang diakui oleh banyak pihak. Namun, Anies sedikit lebih diuntungkan karena ia sudah memiliki basis pemilih di Jakarta, sedangkan Kamil belum terlihat karena ia tidak pernah ikut kontestasi Pilgub Jakarta," sebut Adrian.

Namun, Direktur Strategis Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) itu mengingatkan adanya potensi salah satu atau keduanya yang tak maju dalam Pilgub Jakarta.

Baca Juga: Ridwan Kamil Masih Duduki Posisi Pertama dalam Survei Pilgub Jabar 2024

"Sekarang kita tinggal menunggu langkah apa yang akan dilakukan Anies dan Ridwan Kamil, bisa saja salah satu atau keduanya tak ikut dalam kontestasi Pilgub Jakarta," pungkasnya.




Pilkada 2024Pilgub Jakarta 2024Anies BaswedanRidwan KamilAnies vs Ridwan KamilPuspenpolAdrian Zakhary

Share to: