Presiden Jokowi Kurban 68 Sapi Jumbo di Idul Adha 2024

Presiden Jokowi Kurban 68 Sapi Jumbo di Idul Adha 2024

Presiden Jokowi Kurban 68 Sapi Jumbo di Idul Adha 2024

Kurban Presiden Jokowi di Idul Adha 2024 (Foto: Instagram @jokowi)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkurban sebanyak 68 ekor sapi jumbo pada Idul Adha 1445 H atau 2024 ini.

Adapun sapi-sapi tersebut berbobot berkisar antara 800 kilogram hingga 1 ton. Sebagian besar di antaranya dikirim ke setiap provinsi di Indonesia. Sapi-sapi itu dikelola oleh pemerintah provinsi masing-masing.

Baca Juga: Ingin Dapat Pahala Saat Idul Adha? Yuk Jalani Amalan-amalan Ini!

"Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu, termasuk OIKN 1 dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden," kata Kasetpres Heru Budi Hartono dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (14/6).

Sebanyak 38 ekor sapi dikirim ke setiap provinsi. Lalu ada satu ekor sapi untuk Masjid Istiqlal, satu ekor sapi untuk Masjid Darussalam IKN, dan satu ekor lagi untuk masjid tempat Salat Id Presiden Jokowi nantinya.

Selain itu, ada 26 ekor sapi lainnya yang disebar ke beberapa daerah. Sapi-sapi itu diberikan kepada tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan pesantren di sekitar IKN.

"Kami pastikan semua sapi dalam sebuah proses di dalam rangka pemilihan tersebut melalui rangkaian-rangkaian kesehatan sehingga terhindar dari penyakit yang memang tidak kita inginkan," ujarnya.

Mengenai dimana Jokowi akan melaksanakan ibadah Salat Id, Heru mengatakan bahwa hal tersebut masih didiskusikan dengan Menteri Sekretariat Negara Republik Indonesia (Mensesneg), Pratikno.

"Sedang dibahas dengan Pak Menteri Mensesneg," ucap Heru.

Sementara itu, Kementerian Agama telah menetapkan Idul Adha 1445 H akan jatuh pada Senin, 17 Juni 2024 setelah dilaksanakan sidang isbat penentuan 1 Zulhijah 1445 H pada Jumat (7/6), yang mana 1 Zulhijah jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Jadikan Kawasan PIK dan BSD Sebagai Proyek Strategis Nasional

Dengan begitu, 10 Zulhijah 1445 atau Idul Adha 2024 akan jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.




Presiden JokowiKurban Jokowi Idul Adha 2024Presiden Jokowi kurban Idul Adha

Share to: