Jibril Mahendra Akbar, Atlet Muda Tembak Reaksi Asal Solo yang Berprestasi

Jibril Mahendra Akbar, Atlet Muda Tembak Reaksi Asal Solo yang Berprestasi

Jibril Mahendra Akbar, Atlet Muda Tembak Reaksi Asal Solo yang Berprestasi

Jibril Mahendra Akbar, Atlet Muda Tembak Reaksi (Foto: Kuyou)


Muhammad Jibril Mahendra Akbar, yang biasa dipanggil Jibril, adalah atlet muda tembak reaksi asal Kota Solo sedang giat berlatih untuk persiapan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara pada bulan September mendatang.

Tak hanya berlatih untuk persiapan PON XXI di Aceh-Sumut, Jibril juga sedang berlatih untuk mengikuti sejumlah kejuaraan menembak tingkat internasional.

Baca Juga: Sambut Idul Adha, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Gelar Rangkaian Kegiatan Menarik

Jibril adalah putra dari Hengky Herendra Dewantoro, seorang pengusaha di Kota Solo. Jibril telah mengikuti tiga kali seleksi pra PON 2024 dan Kejurnas pra PON 2024 di Jawa Barat dan berhasil meraih juara 1.

Menurut Hengky Herendra Dewantoro, sejak kecil Jibril berbeda dengan saudara-saudaranya, di mana bakat talentanya sangat luar biasa. Ayah empat orang anak tersebut merasa bersyukur berbagai macam cabang olahraga yang ditekuninya selalu menghasilkan prestasi.

Meskipun hal tersebut dilakukan Jibril dengan penuh perjuangan dan tidak mudah, sebab kegiatannya mulai pagi hari sebelum sekolah dan sore hari selalu berlatih.

"Walaupun kakaknya juga berprestasi tapi cuma satu cabang olahraga, tetapi Jibril mencapai enam sampai tujuh cabang olahraga," kata Hengky Herendra Dewantoro kepada wartawan.

Pada akhir bulan Mei lalu, Jibril meraih Juara 1 (Grade B Standard Division) dan Juara 2 (Category Junior Standard Division) pada Kejuaraan Danjen Kopassus Shooting Championship 2014 (HUT ke-72 Kopassus ke-72) yang digelar di Kandang Menjangan Solo.

Noor Ari Bowo, pelatih menembak Jibril mengungkapkan, anak didiknya tersebut terus  giat berlatih keras untuk target meraih medali PON XXI di Aceh-Sumut mendatang.

“Selain berlatih rutin, Jibril juga harus mengikuti banyak kompetisi tembak reaksi. Sebentar lagi dia ikuti kompetisi IPSC level tiga Kopasgat di Lanud Halim Perdanakusuma,” jelas Noor Ari Bowo.

Noor Ari Bowo juga menjelaskan pada bulan Juli mendatang, Jibril akan mengikuti Kapolri Cup di Senayan dan juga sedang mempersiapkan sejumlah kejuaraan tingkat nasional dan internasional.

"Lalu, Kapolri Cup di Senayan pada Juli, di mana tahun lalu dia meraih juara dua kategori junior, kompetisi IPSC level dua Kapolda Jateng Cup di Boyolali pada Juli, serta kompetisi tingkat Asia di Bali Agustus mendatang,” lanjut dia.

Pendiri Solo Shooting Academy tersebut menilai Jibril memiliki semangat yang tinggi dalam berlatih, hingga dia bisa mewakili Jawa Tengah pada ajang PON XXI di Aceh-Sumut mendatang.

“Dia memiliki semangat tinggi untuk belajar dan sudah menorehkan banyak prestasi. Pernah mewakili Solo dalam Porprov Jawa Tengah dan menjadi juara, sebelum terpilih mewakili Jawa Tengah untuk seleksi PON XXI di Bandung, Jakarta, Semarang dan Banten,” jelas Noor Ari Bowo.

“Hingga akhirnya berhasil meraih delapan besar dari seluruh perwakilan 33 provinsi, dan dinyatakan lolos ke PON XXI,” pungkas Noor Ari Bowo.

Tak hanya mengusai menembak reaksi cepat, Jibril yang berusia 17 tahun dan masih kelas XI SMAN 4 Solo tersebut, juga jago beladiri, dari mulai taekwondo (sabuk hitam), kick boxing, sambo, wushu, jujitsu, hingga lari marathon.

“Dari kecil awalnya dari beladiri, mulai olahraga menembak dari kelas 1 SMP, saya lebih fokus ke situ. Karena lebih suka saja,” kata Jibril.

Olahraga tersebut yang ditekuni Jibril saat masih duduk di bangku SMP, dan bakat paling menonjol yang dimiliki Jibril adalah tembak reaksi. Untuk PON XXI di Aceh-Sumut mendatang, Jibril menargetkan mendapatkan medali emas.

“Targetnya dapat medali. Sebisa mungkin medali emas,”  kata Jibril kepada wartawan usai latihan menembak di Lapangan Tembak Polresta Solo.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Ajak Anak Sekolah di Solo Pakai Transportasi Publik

Prestasinya sudah diakui dan dibuktikan dengan banyaknya trofi, piagam, sertifikat kejuaraan dari mulai kejuaraan lokal, nasional bahkan internasional yang jumlahnya mencapai 95 piagam penghargaan.




Solo Shooting AcademyMuhammad Jibril Mahendra AkbarAtlet tembak reaksiPON XXI Aceh-Sumut

Share to: