Adrian Zakhary Sambut Positif Hasil Survei Litbang Kompas Terkait Kepuasan Publik Terhadap Jokowi-Amin

Adrian Zakhary Sambut Positif Hasil Survei Litbang Kompas Terkait Kepuasan Publik Terhadap Jokowi-Amin

Adrian Zakhary Sambut Positif Hasil Survei Litbang Kompas Terkait Kepuasan Publik Terhadap Jokowi-Amin

Adrian Zakhary Tanggapi Hasil Survei Litbang Kompas Terkait Kepuasan Publik Terhadap Jokowi-Amin (Foto: Istimewa)


Menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Litbang Kompas melakukan survei untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat kepada Jokowi-Amin.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas pada Juni 2024, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi-Amin masih sangat tinggi. Bahkan analisa survei menunjukan tren positif terhadap pemerintahan Jokowi ini naik dari periode sebelumnya.

Baca Juga: Adrian Zakhary Apresiasi Langkah Presiden Jokowi Bentuk Satgas Pemberantas Judol

Survei itu juga menunjukkan bahwa hampir semua kinerja membaik kecuali bidang hukum. Stabilitas politik yang dalam survei kali ini diapresiasi oleh 85,5 persen responden dan bidang kesejahteraan sosial yang diapresiasi 82,0 persen responden juga merupakan capaian tertinggi sejak 2019.

Dalam bidang ekonomi, meski di tengah berbagai sorotan atas makin beratnya kondisi ekonomi masyarakat, di mata responden ternyata tetap ada perbaikan. Bahkan, tingkat kepuasan publik atas kondisi ekonomi menunjukkan yang tertinggi selama periode pemerintahan Jokowi-Amin, mencapai angka 65,1 persen atau naik 4,3 persen.

Pengamat politik, Adrian Zakhary menyambut positif hasil survei Litbang Kompas terakit kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Amin. Menurutnya, hal ini mencerminkan kepercayaan masyarakat yang tinggi kepada Jokowi-Amin.

"Hasil survei ini mencerminkan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap kepemimpinan Jokowi-Amin, terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi dan politik. Tren positif ini menunjukkan efektivitas kebijakan pemerintah yang diakui publik," ungkap Adrian Zakhary.

Adrian pun berharap Presiden dan Wakil Presiden berikutnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bisa melanjutkan atau bahkan melampaui pencapaian Jokowi-Amin.

Baca Juga: Prabowo Subianto Hadiri KTT Gaza di Yordania, Adrian Zakhary: Komitmen Indonesia Bela Palestina

"Besar harapan saya agar Presiden dan Wakil Presiden berikutnya bisa melanjutkan atau bahkan melampaui pencapaian Jokowi-Amin dalam hal tingkat kepuasan masyarakat di berbagai sektor," harap Direktur Strategis Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) itu.




Litbang KompasSurvei Litbang KompasTingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi-AminPuspenpolAdrian Zakhary

Share to: