Adrian Zakhary Sebut Sustainable Fashion Penting untuk Kurangi Limbah Pakaian

Adrian Zakhary Sebut Sustainable Fashion Penting untuk Kurangi Limbah Pakaian

Adrian Zakhary Sebut Sustainable Fashion Penting untuk Kurangi Limbah Pakaian

Adrian Zakhary Ungkap Pentingnya Sustainable Fashion (Foto: Istimewa)


Founder MAJA Labs, Adrian Zakhary menyebut Sustainable Fashion penting untuk mengurangi limbah pakaian.

Hal ini diungkapkan Adrian Zakahry ketika menghadiri acara Gelar Wicara Kata Kota Kita di Creative Hall, M Bloc Space pada 22 Oktober 2023.

Baca Juga: Adrian Zakhary Ungkap Phygital Fashion Bisa Jadi Tren Fashion Masa Depan

Adrian menjelaskan saat ini limbah pakaian sudah mulai meresahkan dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Untuk itu, perlu ditingkatkan penggunaan Sustainable Fashion.

"Sustainable fashion sangat penting untuk mengurangi limbah pakaian yang semakin hari semakin meresahkan, limbah pakaian ini tentunya sangat berdampak buruk bagi lingkungan, salah satunya adalah menyebabkan pencemaran air," ungkap Adrian Zakhary.

Perlu diketahui, Sustainable Fashion sendiri adalah merupakan upaya yang diambil untuk mendorong perubahan pada sistem produksi industri fashion menuju nilai-nilai ekologis dan keadilan sosial yang lebih besar. Konsep ini mendorong industri fashion memberikan dampak yang lebih baik terhadap kelestarian bumi dan kesejahteraan para pekerjanya.

Adrian mengatakan dengan perkembangan digital yang semakin pesat, penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) pun bisa menjadi solusi untuk mengurangi limbah pakaian. Salah satu inovasi dari AR di dunia fashion adalah adanya AR Fashion, dimana orang bisa mengoleksi pakaian-pakaian secara digital.

"Selain itu, penggunaan teknolgi AR juga bisa mengurangi limbah pakaian, salah satu jenis inovasinya adalah AR Fashion," kata Adrian.

Jika ingin pakaian tersebut dibuat menjadi fisik, maka bisa dilakukan Phygital Rework. Phygital sendiri mengusung konsep fisik-digital, jadi phygital tidak hanya menghadirkan koleksi fashion digital tetapi juga bentuk fisik dari fashion itu sendiri.

Baca Juga: DREZZO Hadirkan Tour De Milan, Bawa Digital Fashion Anak Bangsa di Tanah Italia

MAJA Labs sendiri aktif mengampanyekan penggunaan Sustainable Fashion dengan menggelar berbagai kegiatan, seperti mengadakan tour binaan mereka, Drezzo untuk memperkenalkan AR Fashion di Eropa. Serta berkolaborasi dengan brand Sustainable Fashion, seperti FTW dan Adraworld.




Sustainable FashionAugmented RealityAR FashionPhygital ReworkDigital fashionMAJA LabsAdrian Zakhary

Share to: