LSI Bagikan Hasil Survei Pilgub Sumut 2024, Adrian Zakhary Beri Tanggapan

LSI Bagikan Hasil Survei Pilgub Sumut 2024, Adrian Zakhary Beri Tanggapan

LSI Bagikan Hasil Survei Pilgub Sumut 2024, Adrian Zakhary Beri Tanggapan

Adrian Zakhary Tanggapi Hasil Survei Pilgub Sumut (Foto: Istimewa)


Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru-baru ini membagikan hasil survei terbarunya terkait Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2024 (Pilgub Sumut 2024) pada Minggu (28/7).

Survei LSI dilakukan terhadap 800 responden yang merupakan warga Sumut yang sudah memiliki hak pilih. Survei dilakukan pada periode 7-17 Juli 2024 menggunakan multi stage random sampling, dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Adrian Zakhary Ungkap Peluang Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta 2024

Dalam simulasi 23 nama, Wali Kota Medan, Bobby Nasution berhasil menjadi yang teratas dengan elektabilitas 41,2%, disusul mantan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi di posisi kedua dengan 21,1% dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan 7,3%.

Direktur Strategis Pusat Penerangan Politik (Puspenpol), Adrian Zakhary turut menyoroti hasil survei ini. Menurutnya, Pilgub Sumut tahun ini akan menarik dengan kemungkinan terjadinya duel antara Bobby, Edy dan Ahok. Ia melihat Bobby memiliki keunggulan karena faktor kedekatannya dengan masyarakat khususnya di Medan.

"Hasil survei ini menunjukkan dinamika politik yang menarik di Sumut. Bobby Nasution yang berada di puncak bisa jadi karena faktor kedekatannya dengan masyarakat dan program-program populis yang langsung dirasakan manfaatnya," ungkap Adrian Zakhary.

Lebih lanjut, Adrian melihat Edy masih cukup perhitungkan karena ia merupakan mantan Gubernur Sumut yang kuat akan pemilihnya. Namun, Edy dinilai harus melakukan inovasi atau gebrakan baru.

"Edy Rahmayadi tetap kuat di basis loyalisnya, namun perlu inovasi dalam kebijakan untuk menarik pemilih baru," nilai Adrian.

Terakhir, meski belum menentukan arah politik, Ahok jika maju di Pilgub Sumut juga akan menjadi lawan yang cukup kuat.

Baca Juga: Disney Hadir di Metaverse, Adrian Zakhary: Buka Peluang Kreatif

"Ahok, dengan semua pengalaman dan kapabilitasnya, masih harus bekerja keras untuk memenangkan hati masyarakat Sumut," tutup Adrian Zakhary.




Pilgub Sumut 2024Pilkada 2024Bobby NasutionEdy RahmayadiAhokPuspenpolAdrian Zakhary

Share to:



Modal Video 01