Jauh dari Ekspektasi, Film Joker Folie a Deux Dikritik Kritikus

Jauh dari Ekspektasi, Film Joker Folie a Deux Dikritik Kritikus

Jauh dari Ekspektasi, Film Joker Folie a Deux Dikritik Kritikus

Film Joker Folie a Deux Dikritik Kritikus (Foto: Istimewa)


Joker: Folie à Deux mendapat penilaian buruk dari kritikus film setelah resmi dirilis di bioskop. Sebagian besar komentar miring itu menilai sekuel tersebut merosot sangat jauh dari film pertama.

Penilaian buruk kritikus itu terbukti ketika ulasan mereka terhimpun di situs agregator Rotten Tomatoes. Per Senin (7/10), Joker: Folie à Deux hanya mendapatkan skor kritikus 33 persen dari 266 ulasan.

Baca Juga: Rilis Poster, Film Joker 2 Siap Tayang 4 Oktober 2024

Angka itu begitu rendah karena tak sanggup melampaui 50 persen, apalagi hingga dapat predikat tomat segar. Skor kritikus Joker: Folie à Deux juga kurang dari setengah dari Joker (2019) yang meraih 68 persen dari 602 ulasan.

Sejumlah kritikus menilai kegagalan Joker: Folie à Deux bersumber dari ketidakmampuan Todd Phillips membuat sekuel dengan cerita yang jelas.

Peter Howell, kritikus dari Toronto Star, menilai Phillips dan rekan penulis naskah Scott Silver tak memiliki tema yang jelas ketika membangun cerita. Sedangkan, kritikus lain menganggap Joker: Folie à Deux sebagai suatu eksperimen liar yang gagal total.

"Penulis-sutradara Phillips dan co-writer Scott Silver jelas tidak tahu jenis film apa yang ingin mereka buat," ucap Peter Howell, Kamis (3/10).

"Ini adalah eksperimen liar yang sebagian besar gagal," ungkap Moira MacDonald dari Seattle Times.

Elemen musikal dalam Joker: Folie à Deux juga tidak luput dari sorotan. Kritikus film dari Little White Lies, Hannah Strong, menganggap Todd Phillips tanggung-tanggung dalam membuat sentuhan musikal untuk cerita.

Spencer Kornhaber dari The Atlantic juga punya pendapat mirip. Ia menilai elemen musikal film itu kurang bertenaga dan biasa-biasa saja.

Padahal, Todd Phillips sering menggemborkan bahwa Joker: Folie à Deux memiliki berbagai unsur musikal yang menjadi bagian penting di cerita.

Selain itu, Joker: Folie à Deux juga dinilai gagal mengoptimalkan kehadiran duo Joaquin Phoenix dan Lady Gaga meski keduanya tampil brilian.

"Mengapa Phillips enggan menerima bahwa film ini adalah musikal? Kenapa tidak menambahkan sedikit warna lagi, beberapa hiasan di desain produksi?" ungkap Strong dari Little White Lies.

"Musikal dalam film ini kurang bertenaga, kurang banyak gerakan, jati diri, maupun kejutan," beber Kornhaber.

Baca Juga: Lady Gaga Bakal Perankan Harley Quinn di Film Joker 2

"Inilah sekuel yang tidak kita butuhkan, menjebak Phoenix dan Gaga yang agung dalam musik tanpa kegembiraan yang menyedot kehidupan," ungkap Travers dari ABC News.




Joker Folie a DeuxJoker Folie a Deux dikritik

Share to:



Modal Video 01