Biodata dan Profil Erick Thohir: Umur, Agama dan Karir, Jabat Menteri BUMN Dua Periode

Biodata dan Profil Erick Thohir: Umur, Agama dan Karir, Jabat Menteri BUMN Dua Periode

Biodata dan Profil Erick Thohir: Umur, Agama dan Karir, Jabat Menteri BUMN Dua Periode

Biodata dan Profil Erick Thohir, Menteri BUMN Dua Periode (Foto: Instagram @erickthohir)


Berikut adalah biodata dan juga profil Erick Thohir lengkap beserta umur, agama dan karirnya, yang menjabat sebagai Menteri BUMN dua periode.

Erick Thohir adalah sosok Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo-Gibran periode 2024-2029.

Perlu diketahui, Erick sebelumnya juga menjabat posisi yang sama di Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Jokowi-Amin periode 2019-2024.

Baca Juga: Daftar Lengkap Para Menteri Kabinet Merah Putih 2024-2029

Dan berikut adalah biodata dan profil dari Erick Thohir yang telah tim Kuyou rangkum.

1. Profil Erick Thohir

Erick Thohir lahir di Jakarta, 23 Juli 1970. Umurnya saat ini adalah 54 tahun dan ia menganut agama Islam.

2. Karir Erick Thohir Sebelum Menteri

Karir Erick dimulai sebagai pengusaha di sektor media dan olahraga. Ia menjadi terkenal sebagai pendiri Mahaka Group, sebuah konglomerasi yang berfokus pada media, periklanan, dan hiburan.

Di dunia olahraga, Erick semakin dikenal saat ia mengakuisisi klub sepak bola Italia, Inter Milan, pada tahun 2013 dan juga memiliki saham di klub basket Amerika Serikat, Philadelphia 76ers.

Erick juga aktif dalam organisasi olahraga internasional, termasuk menjabat sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan terlibat dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, yang sukses besar di bawah kepemimpinannya.

3. Karir Erick Thohir Setelah Menteri

Pada tahun 2019, Erick Thohir ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri BUMN, posisi yang ia emban dengan sejumlah reformasi di perusahaan-perusahaan milik negara, termasuk restrukturisasi, efisiensi, dan transparansi.

Pada tahun 2023, Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2023-2027. Di eranya, ia berhasil membuat beberapa pemain keturunan untuk membela Timnas Indonesia, selain itu ia juga berhasil menerapkan VAR di Liga 1.

Setelah sukses di era pemerintahan Jokowi, karir politik Erick terus meningkat, dan pada pemilihan presiden 2024, ia mendukung pasangan Prabowo-Gibran. Setelah Prabowo Subianto terpilih sebagai Presiden dengan Gibran Rakabuming sebagai Wakil Presiden, Erick Thohir dipercaya kembali untuk memegang jabatan Menteri BUMN di kabinet mereka.

4. Pendidikan Erick Thohir

Pada tahun 1993, Erick lulus program Master untuk Bisnis Administrasi (Master of Business Administration) dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat.

Sebelumnya ia memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Arts) dari Glendale Community College.

Pada tahun 2023, Erick mendapat gelar Doktor kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang Manajemen Strategi dari Universitas Brawijaya.

Baca Juga: Daftar Lengkap Para Wakil Menteri Kabinet Merah Putih 2024-2029

5. Biodata Erick Thohir

Nama lengkap:Erick Thohir
Kota asal:Jakarta
Tanggal lahir:23 Juli 1970
Umur:54 tahun
Agama:Islam
Istri:Elizabeth Tjandra
Anak:4
Profesi:Pengusaha, Menteri, Ketum PSSI
Akun Instagram:

@erickthohir




Erick ThohirProfil Erick ThohirBiodata Erick ThohirUmur Erick ThohirAgama Erick ThohirKarir Erick ThohirMenteri BUMN Prabowo-Gibran

Share to:



Modal Video 01