Biodata dan Profil Prasetyo Hadi: Umur, Karier dan Kekayaan, Menteri Sekretaris Negara

Biodata dan Profil Prasetyo Hadi: Umur, Karier dan Kekayaan, Menteri Sekretaris Negara

Biodata dan Profil Prasetyo Hadi: Umur, Karier dan Kekayaan, Menteri Sekretaris Negara

Biodata dan Profil Prasetyo Hadi (Foto: Instagram @prasetyo_hadi28)


Yuk simak biodata dan juga profil Prasetyo Hadi, kader Gerindra yang menjadi Menteri Sekretaris Negara.

Prasetyo Hadi adalah sosok Menteri Sekretaris Negara di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran periode 2024-2029.

Prasetyo Hadi sendiri diketahui merupakan kader dari Partai Gerindra dan merupakan salah satu orang terdekat Prabowo Subianto.

Baca Juga: Biodata dan Profil Zulkifli Hasan, Ketum PAN Jadi Menteri Koordinator Bidang Pangan

Seperti apa sosoknya? Berikut biodata dan profil dari Prasetyo Hadi.

1. Profil dan Kekayaan Prasetyo Hadi

Prasetyo Hadi lahir di Ngawi, Jawa Timur pada 28 Oktober 1979. Umur Prasetyo Hadi saat ini adalah 44 tahun dan ia menganut agama Islam.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2023 yang dilaporkan pada 24 April 2024, Prasetyo Hadi diketahui memiliki aset mencapai Rp 7,11 miliar.

Aset tersebut antara lain tanah dan bangunan dengan total nilai mencapai Rp 3,3 miliar dan kendaraan bermotor mencapai Rp 959 juta.

2. Pendidikan Prasetyo Hadi

Riwayat pendidikan Prasetyo Hadi bermula dari SD Katolik Santo Yosef di Ngawi. Lalu Ia kemudian melanjutkan jenjang pendidikannya ke SMP Negeri 2 Ngawi dan SMA Taruna Nusantara Magelang.

Gelar sarjana dalam bidang Konservasi Sumber Daya Hutan diperolehnya dari Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2006.

3. Karier Prasetyo Hadi

Sebelum terjun ke dunia politik, Prasetyo Hadi memiliki sejumlah pengalaman panjang di sektor swasta. Ia pernah menjabat sebagai komisaris di PT Sentra Strategis Indonesia pada tahun 2014-2020, dan Direktur Utama PT Tusam Hutani Lestari pada tahun 2016-2020.

Aktivitas politik Prasetyo Hadi dimulai saat ia bergabung dengan Partai Gerindra pada tahun 2008. Ia memegang posisi sebagai ketua organisasi, kaderisasi, dan keanggotaan DPP Partai Gerindra. Peran aktifnya di partai turut membantu mengembangkan berbagai program strategis.

Perjalanan politik Prasetyo Hadi semakin menguat saat dia dilantik menjadi anggota DPR RI pada 1 September 2020. Saat itu, ia menggantikan Harry Poernomo yang mengundurkan diri. Ia bertugas di Komisi II, membidangi pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur negara dan reformasi birokrasi, pemilu, serta pertanahan dan reforma agraria.

Pada Pemilu Legislatif 2019, Prasetyo memperoleh 34.522 suara sah, menempatkannya sebagai peraih suara terbanyak kedua dari Partai Gerindra di daerah pemilihan Jawa Tengah VI, yang mencakup wilayah Kota Magelang, Magelang, Wonosobo, Temanggung, dan Purworejo.

4. Menteri Sekretaris Negara

Pada masa pemerintahan Prabowo-Gibran, Prasetyo Hadi resmi menjadi Menteri Sekretaris Negara. Ia merupakan internal Partai Gerindra atau orang dekat Prabowo Subianto.

Baca Juga: Biodata dan Profil Muhaimin Iskandar aka Cak Imin, Mantan Lawan Jadi Menteri Koordinator Prabowo-Gibran

5. Biodata Prasetyo Hadi

Nama lengkap:Prasetyo Hadi
Kota asal:Ngawi, Jawa Timur
Tanggal lahir:28 Oktober 1979
Umur:44 tahun
Agama:Islam
Istri:Wahyu Fibriyanti
Profesi:Politikus, Menteri
Akun Instagram:

@prasetyo_hadi28




Prasetyo HadiBiodata Prasetyo HadiProfil Prasetyo HadiKarier Prasetyo HadiMenteri Sekretaris NegaraKekayaan Prasetyo Hadi

Share to:



Modal Video 01