Hari Musik Nasional, Inilah Musisi yang akan Terima Royalti Tahunan

Hari Musik Nasional, Inilah Musisi yang akan Terima Royalti Tahunan

Foto

Foto: Instagram


Seperti diketahui bahwa Hari Musik Nasional dirayakan pada 9 Maret 2020 ini. 

Bertepatan dengan perayaan itu, PRISINDO (Performers Right Society of Indonesia) mengumumkan bahwa akan memberikan royalti tahunan kepada anggotanya.

Kemudian siapa sajaah musisi yang akan mendapat royalti tahunan?

PRISINDO akan memberikan hak tersebut kepada Raisa, Kotak, Iwan Fals, Payung Teduh, Didi Kempot, Geisha, Via Vallen, The Changcuters, Maudy Ayunda, Ungu, dan lebih dari 300 musisi serta penyanyi lain dari berbagai genre yang sudah tercatat menjadi anggota.

“Royalti yang dibagikan bukan berasal dari penjualan lagu musisi/penyanyi baik secara digital maupun fisik," Namun berasal dari performing rights atau hak untuk mengumumkan karya ke ranah publik," kata musisi Marcell Siahaan yang juga Ketua Umum PERSINDO kepada wartawan.

Bahkan Marcell juga mengatakan ketika sebuah karya rekaman diperdengarkan untuk kepentingan komersial seprti dihotel, karaoke dan restoran, para pengguna tersebut wajib membayar royalti performing rights pada tiga pemilik hal. Lalu siapa sajakah pemilik hak itu?

"Yang pertama adalah pencipta lagunya, yang kedua adalah musisi dan penyanyi yang merekam karya tersebut, dan yang ketiga adalah produser," kata Marcell.

Bedasarkan data, Via Vallen, Anji, Judika, Iwan Fals dan Cita Citata adalah musisi yang menerima royalti paling besar. Serta adapula lima band penerima royalti terbesar tahun ini, yaitu Armada, NOAH, Ungu, Seventeen dan Naff.

Tujuan dari kegiatan ini untuk memotovasi musisi untuk tetap berkarya di blantika musik Indonesia.

Seperti diketahui bahwa PRISINDO merupakan Lembaga Managemen Kolektif (LMK) pertama di Indonesia yang berhasil melakukan regenerasi pengurus lewat Rapat Umum Anggota.




hari musik nasionalmusisi terbaikLMKPrisindoPerformers Right Society of Indonesia

Share to: