Isra Miraj, Kisah Perjalanan Singkat Nabi Muhammad ke langit Ketujuh

Isra Miraj, Kisah Perjalanan Singkat Nabi Muhammad ke langit Ketujuh

Isra Miraj, Kisah Perjalanan Singkat Nabi Muhammad ke langit Ketujuh

Foto : Istimewa


Isra miraj merupakan peristiwa penting bagi umat Islam, isra miraj merupakan sebuah perjalanan singkat Nabi Muhammad Saw ke langit ketujuh dalam waktu satu malam. Peristiwa ini terjadi setiap tanggal 27 Rajab dalam kalender Islam.

Isra miraj juga memiliki arti yaitu, Isra berarti perjalanan di malam hari sedangkan miraj berarti naik atau di angkat ke Sidratul Muntaha. 

Pada saat isra miraj Rasullullah Saw bersama malaikat Jibril memulai perjalannya dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsha di Palestina, kemudian Nabi diangkat ke langit ke tujuh untuk bertemu dengan Allah SWT.

Pada saat ke langit ke tujuh Rasulullah bertemu dengan para malaikat,para Nabi terdahulu, dan juga Nabi menemui banyak godaan saat melakukan perjalan.

Sesampainya di langit ketujuh, Rasulullah bertemu Allah dan menerima perintah sholat wajib sebanyak 50 waktu dalam sehari.

Setelah menerima perintah tersebut Nabi Muhammad menemui Nabi Musa As, dan Nabi Musa pun bertanya. “Apa yang diwajibkan Tuhanmu atas ummatmu?”tanya Nabi Musa.

Rasul pun menjawab  “50 salat”. Setelah mendengar jawaban dari Rasul, Nabi Musa pun meminta agar Rasul kembali pada Allah dan meminta keringanan atas perintahnya itu.

“Kembalilah kepada Tuhanmu dan mintalah keringanan, karena sesungguhnya ummatmu tidak akan mampu mengerjakannya. Sesungguhnya saya telah menguji dan mencoba Bani Israil." ungkap Nabi Musa.

Nabi Muhammad lalu meminta keringanan kepada Allah untuk keringanan perintah sholat menjadi lima waktu dalam sehari.

Sejak saat itu pun umat Islam melaksanakan shalat  wajib lima waktu dalam sehari.




Isra mirajKisah Isra MirajSholat lima waktu

Share to: