Doa-doa Pilihan untuk Amalan di Bulan Suci Ramadhan

Doa-doa Pilihan untuk Amalan di Bulan Suci Ramadhan

Foto

Istimewa


Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat suci dan sangat istimewa,para umat muslim menjalankan puasa dalam satu bulan penuh atau terhitung 30 hari.

Di dalam bulan suci ini Allah SWT memberikan banyak nikmat, berupa pahala dan juga malam lailatul qadar. Umat Islam pun berlomba-lomba untuk menyambut bulan Ramadhan dengan baik.

Berdasarkan hadist riwayat At Tirmidzi dalam Kitab Minhajul Muslim, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda bahwasanya setan dan jin dibelenggu, pintu neraka ditutup ketika Ramadhan tiba. Sementara, semua pintu surga dibuka.

Kesempatan satu kali dalam setahun ini pun diharapkan bisa dimanfaatkan secara baik oleh umat Islam, misalnya dengan meminta ampunan dari Allah SWT.

1. Surat Al-Baqarah ayat 286

Doa pertama untuk menyambut bulan puasa adalah memohon ampunan dari Allah SWT. Selain itu, umat manusia juga meminta kepada Allah SWT agar diberikan cobaan sesuai dengan kemampuannya.

Arab: رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Latin: rabbanā lā tu`ākhiżnā in nasīnā au akhṭa`nā, rabbanā wa lā taḥmil 'alainā iṣrang kamā ḥamaltahụ 'alallażīna ming qablinā, rabbanā wa lā tuḥammilnā mā lā ṭāqata lanā bih, wa'fu 'annā, wagfir lanā, war-ḥamnā, anta maulānā fanṣurnā 'alal-qaumil-kāfirīn

Arab: "Ya Tuhan kami, jangan lah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Dikutip dari Kitab Ihya' Ulumiddin karya Imam Al Ghazali, banyak ulama-ulama dahulu mengamalkan doa pendek ini.

2. Surat Ali Imran ayat 147

Selain membaca surat Al-Baqarah ayat 286, umat Muslim juga bisa memohon ampunan Allah SWT dengan membaca surat Ali Imran ayat 147. Dalam surat ini manusia juga meminta agar hatinya selalu ditetapka kepada Allah agar tidak berpaling.

Arab: رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَاِسْرَافَنَا فِيْٓ اَمْرِنَا وَثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Latin: rabbanagfir lanā żunụbanā wa isrāfanā fī amrinā wa ṡabbit aqdāmanā wanṣurnā 'alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: "Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir."

3. Surat Ali Imran ayat 193

Doa bertemu bulan Ramadhan lainnya bisa dengan membaca surat Ali Imran ayat 193. Dalam surat ini meminta agar diampuni segala dosanya dan meninggal dalam keadaan sebagai orang yang baik.

Arab: رَبَّنَآ اِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُّنَادِيْ لِلْاِيْمَانِ اَنْ اٰمِنُوْا بِرَبِّكُمْ فَاٰمَنَّا ۖرَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْاَبْرَارِۚ

Latin: rabbanā innanā sami'nā munādiyay yunādī lil-īmāni an āminụ birabbikum fa āmannā rabbanā fagfir lanā żunụbanā wa kaffir 'annā sayyi`ātinā wa tawaffanā ma'al-abrār

Artinya: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu), "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu," maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan matikanlah kami beserta orang-orang yang berbakti.

4. Surat Al-A'raf ayat 23

Dalam surat Al-Araf ayat 23 tertulis bagaimana cara agar manusia selalu diberikan petunjuk oleh Allah SWT. Sebab, ampunan dan rahmat dari Allah adalah petunjuk.

Arab: رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Latin: rabbanā ẓalamnā anfusana wa il lam tagfir lanā wa tar-ḥamnā lanakụnanna minal-khāsirīn

Artinya: "Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi."

5. Surat Al-Hasyr ayat 10

Doa menyambut Ramadhan yang terakhir terdapat dalam surat Al-Hasyr ayat 10. Dalam doa ini, umat Islam tidak meminta ampunan terhadap diri sendiri tetapi juga untuk saudara Muslim yang lain.

Arab: رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

Latin: rabbanagfir lanā wa li`ikhwāninallażīna sabaqụnā bil-īmāni wa lā taj'al fī qulụbinā gillal lillażīna āmanụ rabbanā innaka ra`ụfur raḥīm

Artinya: "Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang."




ramadhanramadahan2020amalandoaamalbaik

Share to: