Ini Alasan Enggak Boleh Langsung Tidur Usai Makan Sahur Gaes

Ini Alasan Enggak Boleh Langsung Tidur Usai Makan Sahur Gaes

Foto

Alasan Jangan Tidur Setelah Sahur (Foto: Istimewa)


Setiap orang mengalami perubahan pola tidur akibat sahur selama bulan Ramadan. Orang-orang memilih untuk kemabali tidur setelah sahur karena merasa mengantuk.

Nah, kamua tau nggak sih kalo langsung tidur setelah makan sahur itu ternyata dapat berdampak buruk bagi tubuh. Hal itu  dikarenakan proses pencernaan dapat terganggu.

Berikut ini 4 alasan kenapa kita nggak boleh langsung tidur setelah makan sahur:

1. GERD

Penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) dapat timbul ketika kamu tidur setelah makan sahur. Ini terjadi akibat makanan yang kamu makan tidak tercerna baik oleh tubuh. Posisi tidur akan membuat katup lambung dan kerongkongan tidak menutup sepenuhnya sehingga memungkinkan asam lambung naik ke tenggorokan seperti terbakar.

2. Berat badan bertambah

Berat badan kamu akan menjadi bertambah lho kalua kamu langsung tidur setelah sahur. Sebab kalori tertimbun lebih banyak dari pada terbakar,

3. Sembelit

Idealnya tubuh membutuhkan waktu dua sampai tiga jam untuk melakukan pengosongan lambung. Posisi tidur setelah makan berarti dapat menghambat proses pencernaan yang memicu sembelit atau kesulitan buang air besar.

4. Sakit tenggorokan

Rasa sakit di tenggorokan ini ditimbulkan akibat asam lambung yang naik dan menimbulkan sensasi terbakar. Apabila kondisi ini terus dibiarkan akan dapat menimbulkan peradangan.




Alasan Jangan Tidur Setelah SahurRamadan 2020

Share to: