Unik, Masjid di Turki Ini Disulap Jadi Supermarket Amal untuk Corona Gaes

Unik, Masjid di Turki Ini Disulap Jadi Supermarket Amal untuk Corona Gaes

Unik, Masjid di Turki Ini Disulap Jadi Supermarket Amal untuk Corona Gaes

Istimewa


Dengan adanya virus corona membuat banyak orang resah banyak yang mendapatkan imbas nya, tak hanya sekolah dan perkantoran yang terkena imbas. Rumah ibadah seperti masjid pun ikut terkena imbas penutupannya. 

Salah satunya seperti Masjid Dedeman di Istanbul Turki, yang terdampak pandemi corona.

Maka dari itu imama masjid tersebut telah mengubah masjid tersebyt menjadi tempat bank makanan yang seolah-olah trelihat seperti 'supermarket', untuk membantu mereka yag membutuhkan, terutama yang secara ekonomi yang juga terkena imbasnya. 

Pintu masuk ke ruang salat utama masjid Dedeman telah diubah menjadi sebuah toko. Ketika pasokan mengalir, imam dan tim sukarelawannya memboyong barang dan setelah membongkar paket, membawanya ke rak-rak yang ditempatkan di pintu masuk masjid.  

Rak-rak dipenuhi dengan berbagai macam makanan kemasan, termasuk minyak goreng, pasta, beras, tepung, lentil, gula, teh dan produk susu seperti susu, keju, dan mentega.  

Di 'supermarket amal' ini, ada pula permen dan mainan untuk anak-anak. Para sukarelawan tidak ragu untuk mengingatkan warga  bahwa jika mereka memiliki anak, mereka dapat mengambil hadiah khusus bagi anak-anak.  

Abdulsamet Cakir, imam Masjid Dedeman di distrik Sariyer Istanbul, adalah orang di balik gagasan ini untuk membantu kaum miskin melalui tempat ibadah. Dia memimpin tim sukarelawannya dari menurunkan pasokan dari mobil dan menempatkannya di rak, lalu kemudian mengirimkannya kepada yang membutuhkan.  

Imam Cakir mengatakan dia terinspirasi oleh budaya sumbangan era Ottoman yang disebut "batu amal". Konon, dulu ada pilar batu yang ditempatkan di berbagai lokasi kota di mana orang kaya akan memberikan amal kepada yang termiskin dari yang mereka miskin.  




masjidistanbulturkiturkiumatmuslimramadancovid19

Share to: