Bikin Ngiler, Ini 8 Menu Lebaran Khas dari Berbagai Negara

Bikin Ngiler, Ini 8 Menu Lebaran Khas dari Berbagai Negara

Bikin Ngiler, Ini 8 Menu Lebaran Khas dari Berbagai Negara

Menu Lebaran Khas Berbagai Negara (Foto: Instagram)


Nggak terasa, Ramadan sudah mendekati akhir dan umat muslim nggak sabar menanti lebaran. Yang ditunggu-tunggu saat lebaran adalah menu lebaran khas dari berbagai negara di dunia yang beragam. Sebagian ada yang nggak tahu nih menu lebaran di negara dengan umat muslimnya minoritas.

Kalau di Indonesia memiliki opor ayam dengan rasa gurih sebagai menu lebarannya, maka berbagai negara justru lebih mengarah ke rasa manis untuk hidangan menu lebarannya.

Berikut menu lebaran khas 8 menu lebaran khas dari berbagai negara:

1. Turki - Baklava dan Iftariye

Salah satu makanan khas Turki yang selalu ada saat Idul Fitri yaitu Baklava dan Iftariye. Baklava adalah kue yang memiliki tekstur berlapis-lapis dan memiliki campuran berupa potongan kacang yang topingnya berupa sirup atau madu. Lalu, Iftariye adalah jenis roti yang memiliki bentuk seperti pizza dan diberi hiasan seperti kurma, buah zaitun, atau keju.

2. Maroko - Laasida dan Tagine

Menu lebaran khas Maroko adalah Laasida yang memiliki tekstur seperti puding beras yang memiliki campuran couscous, mentega, dan madu. Lalu ada Tagine yang makanannya banyak menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya.

3. Pakistan, India, dan Bangladesh - Sheer Khurma

Ketiga negara ini memiliki makanan khas Lebaran yang sama yaitu Sheer Khurma. Bahan baku yang digunakan dalam makanan ini antara lain susu, kurma, bihun, gula, dan berbagai tambahan lainnya seperti kacang almond, kunyit, kismis, kapulaga, cengkeh, bahkan air daun mawar.

4. Afghanistan - Bolani

Bolani merupakan makanan yang memiliki tekstur dan rasa seperti roti namun berbentuk tipis. Roti tersebut dipanggang dan diisi dengan bayam, kentang, labu, dan lentil. Sebagai pelengkap.

5. Yaman - Aseeda

Aseeda adalah makanan penutup semacam jeli. Makanan ini sebenarnya juga sering dinikmati di Arab Saudi, Sudan, serta Libya. Bahan dasar pembuatan Asseda ini yaitu tepung dan madu. Aseeda cocok disajikan saat masih dalam keadaan mendidih.

6. Palestina, Suriah, Lebanon, Mesir, dan Irak – (Graybeh, Mamoul, Klaicha, Kahk)

Bentuk dari makanan khas Lebaran ini terlihat seperti kue kering. Isi dari kue ini adalah kacang pinus atau almond. Sedangkan di Suriah dan Lebanon kue kering ini disebut dengan Mamoul yang biasanya terdapat campuran kacang kenari atau kurma. Sedangkan di Irak memiliki nama Klaicha dan masyarakat Mesir menyebut jenis kue kering tersebut dengan Kahk yang memiliki isian berupa madu.

7. Rusia - Manti

Menu khas Rusia ini berbentuk seperti pangsit basah yang diisi dengan daging sapi atau domba yang telah di cacah.

8. China - You Xiang

You Xiang adalah makanan yang disajikan dengan sup atau nasi, lalu diberi tambahan lauk yang digoreng. Dalam membuatnya ada beberapa syarat tertentu. Orang yang akan memasak You Xiang harus membersihkan diri dengan berwudhu dan membakar dupa selama memasak. 




Menu Lebaran Khas Berbagai NegaraLebaran 2020

Share to: