Doa Sebelum Mudik Agar Selamat Lengkap Terjemahan, Juga Untuk Perjalanan Jauh Gaes

Doa Sebelum Mudik Agar Selamat Lengkap Terjemahan, Juga Untuk Perjalanan Jauh Gaes

Doa Sebelum Mudik Agar Selamat Lengkap Terjemahan, Juga Untuk Perjalanan Jauh Gaes

Kolase Foto Ilustrasi Mudik dan Perjalanan Jauh (Foto: iStock)


Siapa nih yang sudah siap mudik? Ini dia doa sebelum mudik agar selamat sampai tujuan. Doa ini juga bisa digunakan untuk perjalanan jauh gaes. 

Mudik adalah salah satu tradisi yang biasanya dilakukan masyarakat Indonesia saat menjelang lebaran. Hal tersebut dilakukan agar mereka bisa berkumpul dengan keluarganya. 

Mudik biasanya dilakukan dengan mengendarai mobil pribadi atau menggunakan angkutan umum. Kamu perlu menyiapkan berbagai keperluan saat mudik, dari mluai kendaraan yang aman, tiket kereta, bus, hingga pesawat dan masih banyak lagi. 

Tak kalah penting dari keperluan mudik lainnya, doa adalah salah satu hal yang harus dipanjatkan sebelum mudik. 

BACA JUGA: Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar Lengkap Arab, Artinya, Hingga Keutamaannya

Ini dia doa sebelum mudik agar selamat yang kami sajikan lengkap dengan terjemahan hingga bacaan latinnya. 

Doa Perjalanan Jauh

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allahumma inna nasaluka fii safarinaa hadzalbirra wattaqwaa waminal 'amali maa tardhaa. Allahumma hawwin 'alainaa safaranaa hadzaa waatwi 'annaa bu'dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli. Allahumma antas shaahibu fis safari wal khaliifata fil ahli, allahumma ashbahnaa bi nushhika waqbilnaa bi dzimmatin, allahumma azwilnal ardha wa hawwin 'alainas safara, allahumma inni a’uudzu bika min wa’tsaa-i wa ka-aabatil munqalabi (HR. Muslim).

Terjemahan: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadaMu kebaikan, tawa, dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, mudahkanlah segala urusan dalam perjalanan kami ini, pendekkanlah jarak dari jauhnya bepergian dan pengganti bagi keluarga yang kami tinggalkan. Ya Allah Enngkai adalah teman dalam perjalanan dan wakil dalam keluarga. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kesulitan dalam bepergian, pemadnangan yang menyedihkan dan jelekny akembali baik bagi harta maupun keluarga kami" (HR Muslim).

BACA JUGA: Bacaan Niat dan Doa Sholat Dhuha Lengkap Arab, Latin, dan Artinya, Miliki Banyak Keutaman

Doa Sebelum Mudik

سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ 

Subhānaka innī zhalamtu nafsī faghfirlī fa innahū lā yaghfiruz dzunūba illā anta. 

Artinya, "Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau." 

Atau kamu juga bisa membaca doa berikut ini. 

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ 

Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna.

Artinya, "Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami." 

BACA JUGA: 5 Tradisi Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia, Bikin Nostalgia Gaes

Itu dia gaes bacaan doa sebelum mudik yang disajikan lengkap dengan terjemahan dan latinnya. Semoga bermanfaat untuk kamu dan Allah menjaga kamu dari segala marabahaya.




Doa MudikBacaan Doa Sebelum MudikDoa Sebelum MudikBacaan Doa Sebelum MudikArti Doa Sebelum MudikTerjemahan Doa Sebelum MudikDoa Perjalanan Jauh

Share to: