5 Tradisi Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia, Bikin Nostalgia Gaes

5 Tradisi Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia, Bikin Nostalgia Gaes

Foto

5 Tradisi Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia (Foto: Berbagai sumber)


Ini dia 5 tradisi lebaran yang hanya ada di Indonesia, yang pastinya bikin nostalgia gaes.

Hari raya Idul Fitri atau Lebaran adalah hari kemenangan bagi umat muslim setelah satu bulan berpuasa di bulan Ramadan. Setiap negara ataupun daerah pastinya berbeda-beda dalam merayakan hari lebaran ini, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, terdapat beberapa tradisi lebaran yang tidak bisa dijumpai di negara-negara lain. Tradisi tersebut berawal dari kegiatan yang sudah turun temurun dilakukan di Indonesia ketika lebaran, hingga menjadi sebuah tradisi. Dan menjadi nostalgia bagi yang pernah mengalaminya.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri Dari Berbagai Negara, Sungkeman Hingga Perang Telur

Kira-kira apa saja tradisi lebaran tersebut? Yuk simak 5 tradisi lebaran yang hanya ada di Indonesia.

1. Mudik

Kegiatan mudik ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang merantau ke daerah lain untuk sekolah, bekerja ataupun menetap disana.

Kegiatan mudik sendiri dibagi menjadi dua sesi, yakni arus mudik yang terjadi beberapa hari sebelum lebaran, serta arus balik yang terjadi beberapa hari setelah lebaran.

2. Halal Bihalal

Selanjutnya ada tradisi halal bihalal. Tradisi halal bihalal ini biasanya dimulai setelah melakukan salat ied hingga beberapa hari setelah lebaran.

Dalam tradisi halal bihalal ini, orang-orang akan mendatangi rumah tetangga ataupun saudara mereka untuk bersilaturahmi, dan saling maaf memaafkan.

3. Bagi-bagi THR

Pada saat halal bihalal, biasanya orang yang sudah bekerja akan membagikan THR berupa uang kepada anak-anak ataupun remaja yang belum bekerja. Tradisi ini mirip seperti tradisi bagi-bagi ampao dalam imlek, namun ada perbedaan dalam ketentuannya.

4. Makan Ketupat

Ketupat menjadi makanan yang tidak pernah hilang dalam perayaan hari lebaran di Indonesia.

Tradisi makan ketupat biasanya dimulai setelah melakukan salat ied. Ketupat biasanya juga dicampur dengan beberapa masakan lainnya untuk disantap, seperti opor ayam dan rendang.

5. Takbiran

Tradisi yang satu ini dilakukan pada malam hari menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran. Tradisi lebaran di Indonesia pada umumnya adalah membawa obor mengelilingi daerah tempat tinggal.

Namun di berbagai daerah di Indonesia, memiliki tradisi sendiri dalam menyambut malam takbiran, salah satunya adalah tradisi Meugang di Aceh.

Baca Juga: 5 Tradisi Sambut Malam Takibaran di Beberapa Daerah Indonesia, Unik dan Penuh Makna Gaes

Nah, itulah 5 tradisi lebaran yang hanya bisa dijumpai di Indonesia, yang pastinya bikin nostalgia gaes.




Tradisi lebaran di IndonesiaTradisi Idul Fitri di IndonesiaTradisi lebaran hanya ada di IndonesiaMudikHalal BihalalBagi-bagi THRMakan ketupatTakbiran

Share to: