Bacaan Doa Malam dan Cara Mendapatkan Lailatul Qadar

Bacaan Doa Malam dan Cara Mendapatkan Lailatul Qadar

Bacaan Doa Malam dan Cara Mendapatkan Lailatul Qadar

Doa Malam dan Cara Mendapatkan Lailatul Qadar (Foto: Instagram)


Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ, malam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan. Keistimewaan malam ini terdapat dalam Surat Al-Qadar.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, dimana Al-Quran ditirunkan. Malam ini biasanya muncul pada malam-malam saat bulan Ramadhan.

Umat islam berlomba untuk mendapatkan keberkahan malam Lailatul Qadar. Sebab segala dosa yang kita lakukan akan dihapuskan oleh Allah SWT.

Doa Malam Lailatul Qadar

Rasulullah selalu membaca dua doa saat bulan Ramadhan khususnya 10 hari terakhir.

Doa pertamanya berbunyi:

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni.”

Artinya : Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.

Doa kedua berbunyi:

“Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar.”

Artinya : Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan akhirat serta peliharalah kami dari siksa api neraka. 

Cara Mendapat Lailatul Qadar dan Amalan yang Dianjurkan

Mendapatkan malam Lailatul Qadar sangatlah sulit, karena tak semua orang mendapatkannya. butuh kesungguhan dan usaha yang kuat seperti yang dilakukan Rasulullah SAW.

Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar, lakukanlah cara berikut:

1. Bangun di Malam Hari

Rasulullah SAW bersabda,”Barang siapa yang melakukan shalat Isya’ berjamaah, seolah-olah ia berqiyam (bangun malam) di separuh malam. Dan barang siapa yang shalat shubuh berjamaah, seolah-olah ia melakukan di sepanjang malam tersebut.” (HR. Ahmad Muslim).

2. Perbanyak Ibadah

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan berbagai amal ibadah secarayakin dan percaya kepada pahala yang disediakan Allah dan dengan secara ikhlas, maka Allah akan mengampunkan segala dosanya yang telah lalu.”

Ibadah yang perlu ditingkatkan antara lain mengerjakan sholat lima waktu berjamaah, mendirikan Qiyamul Lail (shalat terawih, tahajjud, dll), membaca Al Quran sebanyak-banyaknya, membaca dzikir, istighfar dan berdoa serta mengerjakan amalan lainnya.

3. Iktikaf di Masjid

Beriktikaf di masjid juga merupakan cara mendapatkan malam penuh berkah.

Abu Said menceritakan tentang iktikaf Rasulullah di masjid yang ketika itu berlantaikan tanah dan tergenang air.

“Aku melihat pada kening Rasulullah ada bekas lumpur pada pagi hari Ramadhan.” [HR Muslim]

4. Bermujahadah Dalam Ibadah

Untuk mendapatkan keberkahan malam lailatul qadar adalah dengan bermujahadah dalam ibadah kepada Allah SWT.

”Sungguh, Rasul tercinta pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, lebih bermujahadah melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya.”[(HR Muslim].

Bermujahadah disini seperti berpuasa dengan tanpa melakukan maksiat, membaca Alquran dengan pemahaman dan penghayatan dan menunaikan shalat tarawih.

5. Berdoa dengan Sungguh-sungguh

Berdoa dengan sungguh-sungguh, yakin penuh harap bahwa Allah Allah akan mengampuni dosa kita dan mengabulkan doa yang kita panjatkan.

“Wahai Rasulullah,” tanya Aisyah, “Bagaimana menurutmu andai aku mendapatkan Lailatul Qadar? Doa apa saja yang harus aku baca?” Beliau bersabda, “Ucapkanlah, Ya Allah! Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Mulia, dan Engkau menyukai ampunan. Maka ampunilah aku.” [HR Tirmidzi].




Doa Malam dan Cara Mendapatkan Lailatul QadarRamadan 2020

Share to: