Cegah kolestrol, Yuk Simak Tips Aman Makan Opor Ayam saat Lebaran Nanti

Cegah kolestrol, Yuk Simak Tips Aman Makan Opor Ayam saat Lebaran Nanti

Foto

(Foto: selerasa.com)


Salah satu tradisi Lebaran di Indonesia adalah menu makanannya.

Ketupat dan opor ayam nampaknya menjadi menu wajib selama perayaan Idul Fitri.

Nah, kamu pasti jadi kalap makan banyak setelah sebulan berpuasa dan bertemu setumpuk hidangan makanan. Hati-hati ya gais, bisa memicu kolestrol!

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin tetap makan opor ayam tanpa khawatir kolestrol, yuk simak tips aman untuk Lebaran nanti.

1. Kulit ayam

(Foto: craftlog.com)

Tahu kah kamu, kalau kolestrol pada opor ayam menumpuk di kulit ayam yang banyak minyaknya. Jadi hindari  lah kulit ayam yang berlemak untuk cegah kolestrol.

"Di opor ayam kolesterolnya di kulit ayam yang banyak minyak, di situlah lemaknya. Jadi hindari kulitnya agar tidak kolesterol," ujar spesialis gizi klinis, Dr.dr Samuel Oetoro SpGK., dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 20 Mei 2020.

2. Santan

(Foto: unileverfoodsolutions.co.id)

Santan juga mengandung asam lemak jenuh ketika di olah terlalu lama. Maka dari itu, hindarilah olahan opor yang sudah dipanaskan berulang kali.

"Semua bahan makanan sebaiknya enggak dipanaskan karena ada zat gizi yang berkurang. Untuk santan dimasak berulang kali, semakin berbahaya karena asam lemak jenuh," paparnya.

3. Soda

(Foto: Pixabay)

Usai makan berat seperti opor ayam, hindarilah mengkonsumsi minuman bersoda. Solusinya adalah minum air putih saja,gak hanya murah tetapi juga sehat!

"Soda mengandung gas, santan mengandung gas. Ini nantinya membuat perut terasa begah. Sebaiknya minum air putih saja."




Cara mecegah kolestrolmakan Opor ayamCara aman makan opor ayam

Share to: