Lebaran Jangan Kalap Sama Makan ya Guys! Ini 5 Dampak Buruk Makan Berlebihan

Lebaran Jangan Kalap Sama Makan ya Guys! Ini 5 Dampak Buruk Makan Berlebihan

Foto

Istimewa


Menyambut kemenangan di Hari Raya kita rasa-rasanya merdeka lantaran sudah tidak lagi menhan lapar dan haus pada siang hari, apalagi waktunya hidangan lezat banyak penuhi meja makan dirumah. 

Meski sudah tidak puasa kamu tetap harus kontrol asupann makan mu ya guys,berikut dampak buruk yang bisa terjadi kalau kamu makan terlalu banyak. 

1. Penumpukan Lemak 

 Makan berlebihan ini bisa menjadi masalah karena kita mengonsumsi terlalu banyak kalori ketimbang yang dibutuhkan, dan berimbas pada naiknya berat badan. 

Untuk mencegah kenaikan berat badan, konsumsi protein tanpa lemak dan sayuran yang tak mengandung pati, sebelum menyantap makanan tinggi karbohidrat dan lemak.

2. Mengganggu Keseimbangan Hormon Lapar mu

Makan berlebihan bisa mengganggu keseimbangan ini. Ketika mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, tubuh akan menggandrungi sensasi menyenangkan yang dihasilkan makanan itu.  

Proses ini pada akhirnya akan menghiraukan rasa lapar, dan mendorong kira untuk makan demi kesenangan. Gangguan hormon-hormon ini bisa memicu siklus makan berlebihan yang berkepanjangan.

3. Fungsi Otak Akan Menurun

Kebiasaan makan berlebihan dan obesitas bisa berdampak buruk terhadap kemampuan mental pada lansia. Lansia yang memiliki berat badan berlebih cenderung mengalami dampak negatif secara kognitif ketimbang mereka yang berat badannya normal.

4. Perut Tak Nampung dan Akan Mual 

 Ketika kita makan dalam porsi besar dan melebihi kapasitas perut, tubuh akan merespons dengan rasa mual (bahkan muntah) untuk meredakan tekanan pada lambung.  

Maka itu, selalu atur porsi makanmu dan makan dengan perlahan untuk mencegah timbulnya gejala ini. 

5. Kadar Gas Dalam Tubuh Meningkat 

Makan dalam porsi berlebihan juga bisa membuat sistem pencernaan jadi teganggu, sehingga memicu produksi gas dan menimbulkan kembung. Kondisi ini juga bisa disebabkan karena terlalu banyak asupan makanan yang masuk dengan cepat ke dalam perut.  

Cegah produksi gas berlebihan dan rasa kembung dengan makan perlahan, minum setelah selesai makan, dan kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung gas.




Makan KalapMakan RakusMakanan LebaranLebaran 2020

Share to: