Harus Tahu, Inilah Pentingnya Tetap Terhidrasi Selama Melakukan Puasa

Harus Tahu, Inilah Pentingnya Tetap Terhidrasi Selama Melakukan Puasa

Foto
ilustrasi (Foto: Pixabay)

Puasa Ramadan 2020 suah berada di penghujung bulan, namun bukan tidak mungkin kamu juga akan meakukan puasa setelahnya.

Ada hal penting yang harus kamu jaga selama berpuasa. Hal tersebut adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Mempertahankan kadar cairan memainkan peran penting untuk tetap sehat selama Bulan Suci Ramadhan dan berpuasa. 

Air adalah salah satu komponen terpenting tubuh manusia yang mewakili antara 60 hingga 70 persen dari berat tubuh manusia. Air juga memainkan peran penting dalam kinerja vital banyak sistem dan organ tubuh.

Air menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan penting untuk penyerapan banyak nutrisi karena air juga menyediakan lingkungan yang cocok untuk banyak reaksi kimia di dalam tubuh.

Menurut rekomendasi baru oleh Institute of Medicine yang berbasis di Amerika Serikat, pria dan wanita harus minum 3,7 liter dan 2,7 liter air masing-masing per hari.

Selama Bulan Suci Ramadhan, perlu minum banyak cairan, terutama air karena puasa dan suhu tinggi. Air, jus dan sup, serta sayuran dan buah-buahan, adalah sumber cairan yang baik untuk tubuh.

 

Namun, orang yang berpuasa harus minum air tambahan karena air tidak mengandung kalori. Selain itu juga dapat mengimbangi kehilangan cairan tubuh akibat puasa.

 

Minuman kaya kalori dapat menyebabkan penambahan berat badan dan minuman stimulan seperti kopi dan teh dapat meningkatkan kehilangan cairan karena bersifat diuretik. 

Sedangkan beberapa sayuran seperti selada air dan buah-buahan seperti semangka yang dikenal karena kandungan airnya yang tinggi direkomendasikan sebagai sumber yang kaya cairan.

 

Harus diketahui juga bahwa makan makanan tinggi garam dan rempah-rempah panas dapat meningkatkan rasa haus dan kebutuhan tubuh akan air. Jadi, hindarilah makan makanan seperti saat sahur dan berbuka selama puasa.

 

Selain itu, lebih baik minum air hangat daripada air dingin terutama saat sarapan karena ini membantu pencernaan. Untuk mendorong minum lebih banyak air, irisan lemon atau mint dapat ditambahkan untuk memberi air rasa manis dan meningkatkan keinginan untuk minum.

 

Air adalah dinamo kehidupan dan tanpanya tubuh tidak dapat melakukan beberapa fungsi vital secara efisien!




PuasaTips PuasaHidrasi TubuhCairan dalam tubuh

Share to: