Gara-gara Tweet JK Rowling, Daniel Radcliffe Minta Maaf ke Penggemar Harry Potter, Kenapa Ya?

Gara-gara Tweet JK Rowling, Daniel Radcliffe Minta Maaf ke Penggemar Harry Potter, Kenapa Ya?

Foto

Foto: Istimewa


Penulis Harry Potter, JK Rowling baru-baru ini bikin heboh karena cuitannya yang disebut-sebut berisi "anti-transgender". 

Orang-orang bahkan menuduhnya sebagai "transphobe" atau perlakuan dan perasaan antagonistik melawan kaum transgender. 

"Orang(kaum transgender) yang menstruasi. Saya yakin ada sebutan kata untuk mereka. Seseorang bantu saya. Wumben? Wimpund? Woomud?" tulis Rowling di Twitter, Selasa 9 Juni 2020.

Kolom komentarnya pun dipenuhi dengan tuduhan yang mengatakan bahwa dirinya adalah transphobe.

Hal ini tentu saja membuat penggemar serial Harry Potter hingga selebriti marah. 

Oleh karena hal tersebut, aktor utama dalam serial Harry Potter Daniel Radcliffe pun menanggapi tweet penulis itu dalam sebuah pernyataan panjang yang diposting di The Trevor Project.

“Wanita transgender adalah wanita. Setiap pernyataan yang bertentangan menghapus identitas dan martabat orang transgender dan bertentangan dengan semua saran yang diberikan oleh asosiasi perawatan kesehatan profesional yang memiliki jauh lebih banyak keahlian tentang masalah ini daripada Jo atau saya,” kata Radcliffe.

Dia lebih lanjut berbagi bahwa 78% transgender dan pemuda non-biner telah melaporkan bahwa mereka telah menjadi subjek diskriminasi karena identitas gender mereka.

Aktor ini juga berbicara kepada penggemar Harry Potter dan meminta maaf kepada mereka jika mereka terluka oleh komentar JK Rowling.

“Kepada semua orang yang sekarang merasa bahwa pengalaman mereka tentang buku-buku(Harry Potter) telah ternoda atau berkurang, saya sangat menyesal atas rasa sakit yang disebabkan oleh komentar-komentar ini kepada Anda. Saya benar-benar berharap Anda tidak sepenuhnya kehilangan apa yang berharga dalam cerita-cerita ini bagi Anda."

Dalam pernyataannya, Radcliffe juga mengklarifikasi bahwa ini bukan pertarungan antara JK Rowling dan dirinya. Dia mengaku tang ingin memiliki ubungan yang buruk dengan JK Rowling.

Aktor itu mengatakan bahwa dia mengeluarkan pernyataan itu karena dia merasa harus mengatakannya saat ini.




JK RowlingJK Rowling transphobeHarry PotterDaniel Radcliffe Minta MaafDaniel RadcliffeTweet JK Rowling

Share to: