Daftar YouTuber Indonesia yang Sudah dan Akan Pensiun, Bakal Jadi Legenda YouTube Nih

Daftar YouTuber Indonesia yang Sudah dan Akan Pensiun, Bakal Jadi Legenda YouTube Nih

Foto

(Foto: dok. Instagram)


Baru-baru ini, Kakak-Adik YouTuber: Andovi dan Jovial Da Lopez membuat heboh netizen karena pernyataannya yang bakal pensiun jadi YouTuber. Lantas hal tersebut bakal menambah daftar YouTuber Indonesia yang pensiun.

Setelah Andovi dan Jovial Da Lopez memutuskan untuk pensiun menjadi YouTuber tahun depan, banyak orang jadi menyoroti fenomena tersebut.

Fenomena dimana para legenda YouTube yang memulai karir sebagai konten kreator perlahan mulai tertutupi dengan maraknya YouTuber jaman sekarang.

Enggak seperti konten YouTube terdahulu, sekarang banyak video di YouTube yang berisikan drama dan giveaway demi menaikan viewers. 

Jovial bahkan mengatakan kalau sekarang YouTube bukan untuk menpung kreativitas lagi, melakinkan sudah mejadi sebuah ladang bisnis.

Menyoroti fenomena tersebut, sadar gak sadar, beberapa YouTuber Indonesia satu persatu mulai pensiun, lho. 

Siapa saja mereka? Yuk simak alasan beberapa YouTuber Indonesia yang memilih pensiun berikt ini.

1. Reza Arap

Reza Arap menjadi salah satu selebriti yang terkenal karena menjadi YouTuber.

Dia pernah menjadi YouTuber gaming dan memilih untuk pensiun dari hal tersebut. Dalam podcast bersama Eno Bening, Reza pernah mengungkapkan kalau dia sempat kesal dengan maraknya YouTuber yang muncul dari kalangan artis.

Meski begitu, kini dia sudah memiliki karir cermelang bersama Weird Genius dan merilis lagi "Lathi" yang belakangan puncaki chrt di berbagai negara.

2. VNGNC 

VNGNC atau Izzy memutuskan untuk pensiun sejak desember 2018 lalu.

Dia berhenti menjadi YouTuber dengan mengunggah video "WTF INDONESIA: THE FINAL EPISODE" yang diperuntukkan kepada semua YouTuber Indonesia, AdSense, dan YouTube Rewind Indonesia.

Izzy sendiri mengaku memiliki passion yang berbeda dengan YouTuber jaman sekarang. Dia mengatakan kalau selama ini hanya pernah sekali mengmbil uang hasil AdSense.

"Itu cuma pernah cairin sekali, sampe sekarang gakpernah nyampe 100 dollar lagi," katanya.

3. Skinnyindonesian24

Andovi dan Jovial Da Lopez memang menjadi salah satu anak muda Indonesia yang memiliki penghasilan fantastis.

Penghasilan tersebut didapatkannya dari sebuah 'keisengan' mengunggah video cover lagu di laman Youtube tahun 2011 silam. Kini mereka telah menjadi salah satu YouTuber terkenal di Indonesia. 

Tahun depan, tepatnya pada 24 Juni 2021, kedua kakak beradik ini akan meninggalkan dunia yang membesarkan namanya itu. Mereka punya beberapa alasan atas keputusan ini. Salah satunya adalah passion mereka yang sudah berubah.

"Gue secara pribadi, api(semangat) dalam gue sudah padam. Passion yang ada buat bikin video kaya dulu ga seperti sekarang," kata Andovi.

4. Edho Zell

Edho Zell baru saja mengunggah video yang bikin kaget. Dia mengungkapkan bahwa sebenarnya sudah lama ingin pensiun jadi YouTuber.

Edho menyoroti kebar berhentinya Andovi dan Jovial Da Lopez dari YouTube. Menurutnya, YouTube dimasanya sangat jauh berbeda dari YouTube saat ini. Konten-kontennya kini juga berbeda mengigat YouTube sekarang bisa disaksikan oleh siapa saja tak seperti dulu.

Edho menilai bahwa penonton YouTube saat ini lebih tertarik dengan konten-konten drama, pamer kemewahan dan sebagainya. 

"Sistem alogaritmanya YouTube dan sistem rekomendasinya YouTube merupaka cerminan dari masyarakat dan penonton YouTube yang sekarang," katanya.

Sayangnya, Edho Zell mengaku kalau dia gak bisa meninggalkan YouTube. Pasalnya dia masih membutuhkan YouTube untuk menghidupi keluarga dan juga staffnya yang saat ini berjumlah 7 orang. 

"Jadi kita kayak terpaksa bikin video-video yang nyeleneh padahal saya inginnya tuh bikin video Warteg Gratis," ujarnya. 

5. Bayu Skak

Berbeda dengan yang lainnya, Bayu Skak memang pernah meninggalkan dunia YouTube pada tahun 2017. Namun kini dia kembali dengan konten-konten yang lebih menarik.

Meski begitu, Bayu juga sempat merasakan keresahan yang sama dengan fenomene Youtuber dadakan saat ini. Dia mengaku  penghasilan besar YouTuber memotivasi artis-artis merambah platform media sosial yang digelutinya sejak 2010 ini. 

Meski begitu Bayu tak mau merasa tersaingi dan terus memberikan konten sebagai YouTuber yang sudah berpengalaman.




Eno BeningReza ArapVNGNCMardialSIHKPensiun Jadi YouTuberSkinnyindonesian24YouTuber artis

Share to: