Catat! Ini Jadwal Hari Raya Idul Adha 2020 menurut Muhammadiyah

Catat! Ini Jadwal Hari Raya Idul Adha 2020 menurut Muhammadiyah

Catat! Ini Jadwal Hari Raya Idul Adha 2020 menurut Muhammadiyah

Eid Adha (Foto: dok. Istimewa)


Hari Raya Idul Adha akan segera tiba. Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 2020 atau 10 Zulhijah 1441 jatuh pada hari Jumat, 31 Juli 2020.  Hal ini berdasar hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Penetapan Hari Raya Lebaran Haji ini termuat dalam maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2020. Pada maklumat tersebut, PP Muhammadiyah juga menyampaikan: - Hari Arafah jatuh pada Kamis 30 Juli 2020 - 1 Zulhijjah 1441 H dimulai Rabu 22 Juli 2020

Hari raya Idul Adha biasanya identik dengan ritual penyembelihan hewan kurban. Lalu bagaimana melakukan ritual ini di tengah pandemi yang belum berakhir? Majelis Ulama Indonesia ( MUI) mengeluarkan fatwa Nomor 36 Tahun 2020 tentang shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban saat Wabah Covid-19.

Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas mengungkapkan, fatwa ini keluarkan agar masyarakat memperhatikan protokol kesehatan saat ibadah shalat idul Adha maupun ketika menyembelih hewan kurban. 

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban harus tetap menjaga protokol kesehatan untuk mencegah dan meminimalisir potensi penularan, yaitu:

1. Pihak yang terlibat dalam proses penyembelihan saling menjaga jarak fisik (physical distancing) dan meminimalisir terjadinya kerumunan.

2. Selama kegiatan penyembelihan berlangsung, pihak pelaksana harus menjaga jarak fisik (penyembelihan, setiap akan mengantarkan daging kepada penerima, dan sebelum pulang ke rumah.

3. Penyembelihan kurban dapat dilaksanakan bekerja sama dengan rumah potong hewan dengan menjalankan ketentuan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 12 Tahun 2009 tentang Standar Sertifikasi Penyembelihan Halal.

4. Dalam hal ketentuan pada huruf c tidak dapat dilakukan, maka penyembelihan dilakukan di area khusus dengan memastikan pelaksanaan protokol kesehatan, aspek kebersihan, dan sanitasi serta kebersihan lingkungan. 

5. Pelaksanaan penyembelihan kurban bisa mengoptimalkan keluasan waktu selama 4 (empat) hari, mulai setelah pelaksanaan shalat Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah hingga sebelum maghrib tanggal 13 Dzulhijjah. Pendistribusian daging kurban dilakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.




Info UpdateUpdateHari Raya Idul AdhaMuhammadiyah

Share to: