Mengenal Sulfur Dioksida dan Asam Benzoat, Dua Kandungan yang Jadi Penyebab Kecap-Saus ABC Ditarik di Singapura

Mengenal Sulfur Dioksida dan Asam Benzoat, Dua Kandungan yang Jadi Penyebab Kecap-Saus ABC Ditarik di Singapura

Foto

Mengenal Sulfur Dioksida dan Asam Benzoat (Foto: Istimewa)


Yuk mengenal tentang Sulfur Dioksida dan Asam Benzoat, dua kandungan yang jadi penyebab kecap-saus ABC ditarik di Singapura.

Pada Selasa, 6 September 2022 Badan Pengawas Pangan Singapura (SFA) menarik tiga produk dengan temuan kandungan alergen. Dan dua diantaranya dari Indonesia, yakni  kecap manis dan saus sambal ABC.

SFA mengatakan bahwa produk tersebut mengandung alergen sulfur dioksida. Tak hanya itu, pada saus sambal ayam goreng ABC juga ditemukan kandungan asam benzoat.

Baca Juga: Fakta-fakta Spinal Muscular Atrophy Lengkap Gejala, Penyebab dan Pengobatan, Penyakit yang Viral di TikTok

Lalu apa sebenarnya kedua kandungan tersebut? Yuk mengenal tentang Sulfur Dioksida dan Asam Benzoat, dua kandungan yang jadi penyebab kecap-saus ABC ditarik di Singapura.

Mengenal Sulfur Dioksida

Sulfur dioksida (SO2) adalah sebuah pengawet makanan yang memiliki sifat antimikroba. Antimikroba berguna untuk menghindari pembusukan yang disebabkan oleh mikroorganisme dan sifat antioksidan untuk menghambat oksidasi kimia dan enzimatik.

Sulfur dioksida biasanya digunakan untuk beragam makanan dan minuman, seperti makanan ringan, biskuit, jus buah, sirup, anggur, cider, bis, sayuran dan buah segar atau kering, selai, kacang-kacangan, makanan laut, hingga daging.

Adapun beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan akibat mengonsumsi Sulfur dioksida ini adalah dermatitis, urtikaria, hipotensi, sakit perut, dan diare pada orang yang sensitif dan bisa menimbulkan risiko bagi pengidap asma. Ini juga bisa menyebabkan reaksi alergi seperti sakit kepala dan mual pada individu yang rentan.

Mengenal Asam Benzoat

Sementara itu, Asam benzoat merupakan kandungan yang umumnya terdapat pada buah-buahan segar.

Sama seperti sulfur dioksida, asam benzoat juga mengandung senyawa antimikroba yang biasa digunakan sebagai pengawet makanan di banyak makanan olahan, termasuk: Makanan yang dipanggang, saus salad, margarin, permen, permen karet, es krim, saus, jus dan soda, acar.

Adapun beberapa penyakit alergi yang bisa ditimbulkan dari asam benzoat adalah iritasi dan peradangan.

Baca Juga: Fakta-fakta Flu Tomat Lengkap Gejala, Penyebaran dan Pencegahan, Penyakit Baru yang Ditemukan di India

Nah, itulah sedikit informasi mengenai Sulfur Dioksida dan Asam Benzoat, dua kandungan yang jadi penyebab kecap-saus ABC ditarik di Singapura.




Penyebab kecap ABC ditarikPenyebab saus ABC ditarikSulfur DioksidaSulfur Dioksida ABCMengenal Sulfur DioksidaAsam BenzoatAsam Benzoat ABCMengenal Asam Benzoat

Share to: