Heboh Palestina Hilang dari Google & Apple Map, 5 Negara Ini Juga Hilang Gaes

Heboh Palestina Hilang dari Google & Apple Map, 5 Negara Ini Juga Hilang Gaes

Heboh Palestina Hilang dari Google & Apple Map, 5 Negara Ini Juga Hilang Gaes

Negara tak ada dalam Google Maps (Foto: dok. Istimewa)


Belum lama ini publik dihebohkan dengan hilangnya peta Palestina di Google dan Apple Map. Santer terdengar kabar bahwa dua perusahaan ini dituduh telah menghapus peta Palestina.

Hal itu dibuktikan dengan pencarian untuk Palestina di Apple Maps dan Google Maps hanya menunjukkan wilayah Jalur Gaza dan Tepi Barat, tetapi tak ada label atau tulisan yang menunjukkan negara tersebut adalah Palestina.

Sayangnya, selama ini wilayah dengan nama Palestina dalam peta digital Apple maupun Google memang tak pernah ada.

Selain Palestina, ternyata ada beberapa negara lain yang tak ada di Google maupun Apple Maps lho gaes. Berikut daftar negara tersebut. 

1. Sealand

Dipimpin oleh keluarga Bates, negara berdaulat terkecil di dunia ini berjarak 13 km dari garis pantai Inggris. Negara ini terletak di atas tongkang tinggi yang dibangun selama Perang Dunia II, tepat di antara wilayah Inggris dan Eropa.

Baik Inggris dan Eropa tak mengklaim tongkang tersebut. Maka pada 1966, Roy Bates, mantan prajurit militer Inggris, mengambil klaim atas hal itu dan menamakannya Principality of Sealand yang berdaulat.

Hingga kini negara tersebut masih berjalan, meskipun tidak muncul pada peta digital Google dan Apple.

2. Crimea

Negara lainnya yang tidak ada dalam peta adalah Crimea. Berada di wilayah yang relatif luas 27.000 km persegi, Crimea terletak di pantai utara Laut Hitam dan menjadi satu-satunya perbatasan darat dengan Ukraina utara.

Crimea telah menjadi hotspot bagi wisatawan sejak tahun 90-an oleh National Geographic, dan menyebutnya sebagai 20 tujuan teratas untuk bepergian ke dunia pada tahun 2014.

3. Republik Lakotah

Republik Lakotah adalah wilayah yang luas di Amerika Serikat dan memiliki populasi lebih dari 100.000 orang. Negara ini terdiri dari ribuan mil wilayah negara bagian Dakota Utara, Dakota Selatan, Nebraska, Wyoming, dan Montana.

4. Barotseland

Memiliki populasi sekitar 3,5 juta, wilayah negara Barotseland sangat besar jika dibandingkan dengan Namibia, Botswana, Zimbabwe, Angola, dan Zambia. Barotseland terbentuk atas kelompok gabungan lebih dari 20 suku individu dari seluruh wilayah, dengan bahasa sah Silozi yang kompleks karena berasal dari beberapa bahasa suku.

Barotseland didirikan oleh Ratu Mbuywamwambwa, yakni matriark Lozi, lebih dari 500 tahun yang lalu. Mayoritas masyarakatnya berasal dari orang-orang yang bermigrasi dari seluruh Afrika, terutama Kongo.

5. Republik Murrawarri

Republik Murrawarri adalah negara mikro yang menyatakan kemerdekaan dari Australia pada tahun 2013. Negara ini terletak di daerah kecil di perbatasan New South Wales dan Queensland. Menariknya, Republik Murrawarri merilis deklarasi kemerdekaan kepada Ratu Inggris dan Perdana Menteri Australia.

Sayangnya deklarasi kemerdekaan mereka masih tidak diakui oleh pemerintah Australia, dan wilayah mereka tak muncul di peta digital Apple maupun Google.




Sedikit InfoUpdateKabar UpdatePalestinaApple MapsGoogle MapsSealandCrimeaRepublik LakotahBarotselandRepublik Murrawarri

Share to: