Isi Lengkap Teks Proklamasi, Sempat Mengalami Perubahan Lho

Isi Lengkap Teks Proklamasi, Sempat Mengalami Perubahan Lho

Isi Lengkap Teks Proklamasi, Sempat Mengalami Perubahan Lho

Teks Proklamasi RI


Seperti yang kita ketahui, proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada Jumat, 17 Agustus 1945 yang dibacakan langsung oleh Ir. Soekarno dan didampingi oleh Drs. Moh. Hatta. Kamu sudah tahu belum isi lengkap teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia?

Sebelum melakukan Proklamasi, ada perundingan antara golongan muda dan tua untuk menyusun teks proklamasi tersebut. Perundingan itu dilakukan pada 02.00-04.00 dini hari di di ruang makan laksamana Tadashi Maeda Jalan Imam Bonjol No Teks proklamasi ini berbentuk tulisan tangan pada sebuah blocknote berwarna putih berukuran panjang 25,8 sentimeter dan lebar 21,3 sentimeter dan tebal 0,5 milimeter.

Dalam teks tersebut ada dua coretan di sebelah kanan naskah proklamasi. Coretan pertama adalah perubahan kata pengambilan menjadi pemindahan dan kata diusahakan menjadi diselenggarakan. Naskah itu kemudian dibahas bersama para tokoh yang hadir. Setelah itu, teks final itu diketik oleh Sayuti Melik. 

lima perubahan yang dilakukan dari teks proklamasi tulisan tangan di naskah ketikan, antara lain kata hal2 pada paragraf kedua diganti menjadi hal-hal, kata saksama pada paragraf kedua baris kedua diubah menjadi seksama, kata tempoh pada paragraf kedua baris kedua diubah menjadi tempo, penulisan tanggal dan bulan Djakarta 17-8-'05 menjadi Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen '05, kalimat wakil2 bangsa Indonesia menjadi Atas nama bangsa Indonesia.

Ini dia naskah Proklamasi Kemerdekaan RI yang sudah diketik Sayuti Melik.

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan

dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.




Teks Proklamasi RIProklamasi RISoekarnoMoh HattaHUT RIHari Ulang Tahun Kemerdekaan RI

Share to: