Daftar Tokoh Dibalik Proklamasi Kemerdekaan RI, Soekarno sampai Sayuti Melik

Daftar Tokoh Dibalik Proklamasi Kemerdekaan RI, Soekarno sampai Sayuti Melik

Daftar Tokoh Dibalik Proklamasi Kemerdekaan RI, Soekarno sampai Sayuti Melik

Tokoh Kemerdekaan RI (Foto: dok. Istimewa)


Tak terasa Agustus pun telah tiba gaes. Nah, kamu pasti tidak lupa bahwa bulan ini juga menjadi sejarah bagi orang Indonesia dimana proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia diumumkan di bulan ini. Siapa saja sih tokoh yang terlibat untuk kemerdekaan RI?

Nah, jika kita mendengar bulan Agustus, warga Indonesia pasti langsung bersiap untuk menyiapkan lomba tujuh belasan. Namun perayaan kemerdekaan tahun ini akan berbeda dikarenakan adanya pandemi Covid-19. 

Banyak orang-orang Indonesia yang hanya mengetahui jika kemerdekaan Indonesia hanya digagas oleh Presiden Soekarno. Padahal banyak sekali tokoh-tokoh penting yang itu terlibat didalamnya.

Berikut tokoh-tokoh penting yang ikut dalam kemerdekaan Indonesia. Yuk simak bersama-sama!

1.   Ir. Soekarno

Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno, merupakan tokoh pada masa perjuangan hingga masa kemerdekaan yang menjadi panutan bagi para pejuang kemerdekaan yang lain. Beberapa peran Bung yaitu menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo, menandatangani teks Proklamasi atas nama bangsa Indonesia  bersama Bung Hatta& membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 2.  Drs. Moh. Hatta

Bung Hattaadalah pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Bung Hatta adalah teman seperjuangan Bung Karno. Beliau menyusun konsep teks proklamasi dan menandatangani teks Proklamasi atas nama bangsa Indonesia bersama Bung Karno.

3.   Mr. Achmad Soebardjo

Achmad Soebardjo Djojoadisurjo adalah Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Mr. Achmad Soebardjo merupakan salah seorang tokoh dari golongan tua yang berperan dalam mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 4.    Laksamana Tadashi Maeda

Laksamana Tadashi Maeda adalah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di Hindia Belanda pada masa Perang Pasifik. Ia melanggar perintah Sekutu yang melarang para pemimpin Indonesia mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 5.     Sukarni

Sukarni adalah salah seorang tokoh pemuda dan pejuang yang gigih melawan penjajah. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks Proklamasi adalah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia. 

6.     Fatmawati

Fatmawati yang bernama asli Fatima, menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang turut dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

7.     Sayuti Melik

Sayuti Melik adalah tokoh pemuda yang juga sangat berperan dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sayuti Melik mengetik naskah Proklamasi setelah  ia sempurnakan dari tulisan tangan Bung Karno.  




tokoh sejarah kemerdekaan indonesiakemerdekaan indonesia17 agustus 1945presiden pertama indonesia

Share to: