Adrian Zakhary di Hari Teh Internasional: Kebangkitan Industri Teh Nasional Berkualitas Dunia

Adrian Zakhary di Hari Teh Internasional: Kebangkitan Industri Teh Nasional Berkualitas Dunia

Adrian Zakhary di Hari Teh Internasional: Kebangkitan Industri Teh Nasional Berkualitas Dunia

Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara VIII, Adrian Zakhary (Foto: Istimewa)


Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII), Adrian Zakhary menjadikan Hari Teh Internasional sebagai momen kebangkitan Industri Teh Nasional yang berkualitas dunia.

Seperti diketahui, industri teh di Indonesia sudah mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini terlihat dari Indonesia yang menempati urutan ketujuh dalam daftar produsen teh terbesar di dunia.

Baca JugaKomisaris Milenial Adrian Zakhary Sebut PTPN VIII Terus Berinovasi di Era Digital Gaes!

Momen Kebangkitan Industri Teh Nasional

Di Hari Teh Internasional ini, Adrian Zakhary mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bangga, cinta, dan konsumsi produk-produk teh asli Indonesia. Menurut Adrian teh Indonesia memiliki kualitas terbaik dan diakui dunia.

Tak hanya itu, Komisaris Independen PTPN VIII ini pun juga menyerukan minum teh berkualitas.

"Kita harus bangga Indonesia memproduksi teh dengan kualitas terbaik di dunia. Mari kita jadikan Hari Teh Internasional sebagai momentum kebangkitan industri teh nasional dan menggelorakan minum teh berkualitas," ungkap Adrian dalam keterangan resminya diterima Minggu 21 Mei 2023.

PTPN VIII Terus Melakukan Inovasi

Adrian mengatakan bahwa dirinya selalu mendorong berbagai inovasi di PTPN VIII untuk perkembangan teh di Indonesia. Inovasi tersebut bisa dilakukan dengan cara mengembangkan kreativitas melalui digital agar mampu menjangkau masyarakat yang lebih luas.

"Ya saya sangat mengapresiasi perkembangan bisnis yang sudah berjalan, karena di era digital saat ini, inovasi dan juga kreatifitas sangat membantu dalam membangun sebuah usaha yang jauh lebih baik dan lebih menjangkau masyarakat lebih luas," ucap Adrian Zakhary.

Komitmen PTPN VIII Produksi Teh Berkualitas

Dalam sebuah kunjungannya ke Perkebunan di daerah Ciater, Subang, Jawa Barat, Adrian Zakhary mengungkapkan bahwa PTPN VIII selalu berkomitmen untuk memproduksi teh kualitas terbaik.

"Nah kalau kita ikutin prosesnya tadi kulitas teh yang digunakan sangat baik, ditambah lagi komitmen yang dijunjung tinggi tidak akan menjual teh kualitas rendah walaupun harga sedang turun atau murah. Sangat bagus sekali dan harus tetap memegang teguh komitmen tersebut agar terus selalu memberikan yang terbaik," ungkap Adrian 15 September 2022. 

Tentang PTPN VIII

PT Perkebunan Nusantara VIII adalah anak usaha PTPN III yang bergerak di bidang perkebunan teh, karet, kina, kakao, kelapa sawit, dan getah perca.

Kantor pusat perusahaan berada di Bandung dengan wilayah operasi di Jawa Barat. Kantor pusatnya berada di Jalan Sindangsirna no. 4 Bandung, Jawa Barat.

PT Perkebunan Nusantara VIII merupakan BUMN yang bergerak pada sektor perkebunan dengan kegiatan usaha meliputi pembudidayaan tanaman, pengolahan, dan penjualan komoditas perkebunan seperti teh, karet dan sawit sebagai komoditas utamanya, serta kakao dan kina sebagai komoditas pendukungnya.

Sampai saat ini, PT Perkebunan Nusantara VIII mengelola 41 kebun dan 1 unit rumah sakit. yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Jawa Barat dan 2 kabupaten di Provinsi Banten.

PTPN VIII mengelola 24 perkebunan teh di atas tanah produktif seluas 25.905,3 Ha dan merupakan perkebunan yang cukup luas di 6 kabupaten yakni Sukabumi (2 perkebunan), Bogor (2 perkebunan), Cianjur (3 perkebunan), Subang (2 perkebunan), Kab.Bandung dan Kab.Bandung Barat (12 perkebunan) dan Kab.Garut (3 perkebunan).

Produksi teh yang dihasilkan senantiasa terus menigkat dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi karena adanya upaya pengelolaan yang baik oleh PTPN VIII misalnya dalam hal pembudidayaan, cara pemetikan dan pengolahan untuk memenuhi permintaan para pembeli.

Hal lainnya, adanya keterlibatan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung untuk melakukan penelitian sehingga memberikan kontribusi dalam hal peningkatan produksi dan mutu.

Sejarah Hari Teh Internasional

Hari Teh Internasional sendiri diperingati setiap 21 Mei sejak tahun 2020 yang ditetapkan oleh PBB. Peringatan ini untuk memaknai sejarah panjang dan budaya yang memberikan dampak signifikan bagi perekonomian di seluruh dunia.

Hari Teh Internasional merupakan kesempatan untuk merayakan warisan budaya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan dari segi ekonomi.

Baca JugaKomisaris Milenial Adrian Zakhary Sebut Kolaborasi Dorong Pertumbuhan Bisnis PTPN VIII Gaes!

Perayaan ini juga diharapkan bagi masyarakat terus berupaya membuat produksi berkelanjutan "dari ladang hingga cangkir" dan memastikan manfaatnya bagi manusia, budaya, dan lingkungan untuk terus berlanjut dari generasi ke generasi.




Hari Teh InternasionalPTPN VIIIAdrian ZakharyPT Perkebunan Nusantara VIII

Share to: