Identitas Pelaku Penyebar Hoaks Omnibus Law, Videlya Esmerella 32 Tahun

Identitas Pelaku Penyebar Hoaks Omnibus Law, Videlya Esmerella 32 Tahun

Identitas Pelaku Penyebar Hoaks Omnibus Law, Videlya Esmerella 32 Tahun

Identitas Pelaku Penyebar Hoaks Omnibus Law, Videlya Esmerella 32 Tahun (Foto: Red Rebellion)


Akhirnya terungkap sudah identitas pelaku penyebar hoaks Omnibus Law. Dia adalah seorang perempuan bernama Videlya Esmerella. 

Setelah omnibus law atau UU Cipta Kerja disahkan, banyak bermunculan simpang siur bahkan hoax di tengah masyarakat. Hoax-hoax inilah yang kemudian menjadi perbincangan hangat bahkan menjadi polemik. 

BACA JUGA: Daftar Lengkap Anggota DPR RI yang Setuju Omnibus Law, Ada yang Kamu Kenal?

Ternyata, di balik beredarnya hoax di masyarakat, ada seorang perempuan bernama Videlya Esmerella (32 tahun) yang berperan menjadi dalangnya. 

Berikut adalah identitas pelaku penyebar hoax omnibus law, Videlya Esmerella.

Videlya Esmerella diduga penyebar hoax omnibus law

Menurut keterangan kepolisian, ada 12 poin hoax yang disebarkan oleh Videlya Esmerella melalui sosial media. Hal itupun langsung viral dan dibaca oleh banyak orang. 

Salah satu poinnya berbunyi uang pesangon dihilangkan dan penghapusan UMP/UMK. Hal tersebut tak seusai dengan UU Cipta Kerja yang disahkan DPR beberapa waktu lalu. Poin-poin hoax ini kemudian menimbulkan keresahan masyarakat. 

BACA JUGA: Biodata Rieke Diah Pitaloka, Lengkap Umur dan Agama, Politisi PDIP dari Artis Bahas Omnibus Law

Ditangkap di Makassar

Karena aksinya tersebut, Videlya Esmerella ditangkap di Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis 8 Oktober 2020. VE dijerat pasal 14 ayat 1 dan 2 dan/atau pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1947 tentang peraturan hukum pidana. Ia terancam hukuman 10 tahun penjara.  

Pihak kepolisian menyita beberapa barag bukti dari VE, seperti ponsel dan kartu SIM ponselnya. 

Gemar menulis terutama tentang perlawanan dan kritik

VE ternyata gemar menulis. Ia beberapa kali diketahui menulis tentang sebuah perlawanan. Hal itu juga terlihat dalam blog pribadinya https://redrebellion1917.blogspot.com/. Ia sempat menulis puisi berjudul "Dalam Jerat Oligarki" yang berisi tentang keresahannya menghadapi negara dan UU Cipta Kerja. Ada tulisan opini lain yang juga ditulisnya soal UU Ciptakerja yang dengan judul RUU Omnibus Law Meruntuhkan Pendidikan. 

Gak cuma itu aja, sejak blog itu aktif dari 2010 ia menulis banyak hal, dari mulai hukum, filsafat, kapitalisme, marxisme, dan masih banyak lagi. 

Biodata dan profil Videlya Esmerella

Nama lengkap: Videlya Esmerella

Nama panggilan: Vidya

Tempat asal: Makassar, Sulawesi Selatan

Umur: 32 Tahun

Agama: Kristen

Nah itu dia gaes identitas pelaku penyebar hoax omnibus law yang beberapa waktu lalu menghebohkan masyarakat. 




Videlya EsmerellaOmnibus LawHoax Omnibus LawPenyebar Hoax Omnibus LawIdentitas penyebar hoax Omnibus LawIdentitas Videlya Esmerella

Share to: