Fakta-fakta Analisa Pesawat Tua SRIWIJAYA SJ-182 oleh Vincent Raditya, Wajib Tahu Gaes!

Fakta-fakta Analisa Pesawat Tua SRIWIJAYA SJ-182 oleh Vincent Raditya, Wajib Tahu Gaes!

Foto
Foto Vincent Raditya dalam video YouTube Analisa Pesawat Tua (Foto: YouTube Vincent Raditya)

Berikut adalah fakta-fakta analisa pesawat tua SRIWIJAYA SJ-182 yang dilakukan oleh pilot ternama Vincent Raditya. Kalian wajib banget tahu nih gaes fakta berikut ini. Kecelakaan pesawat SRIWIJAYA SJ-182 pada Sabtu, 9 Januari 2021 membuat publik berduka. Gak cuma itu aja, kecelakaan itu juga menimbulkan kekhawatiran banyak orang yang akan bepergian menggunakan pesawat. Terlebih lagi pesawat yang ditumpanginya adalah pesawat tua.

BACA JUGA: 10 Spesifikasi dan Fakta Pesawat SJ182 Boeing 737-500, Sriwijaya Air Jakarta-Pontianak

Lalu apakah bahaya terbang dengan pesawat tua? Vincent Raditya menjawab pertanyaan tersebut melalui channel YouTubenya. Ia mengunggah sebuah video penjelasan seputar informasi pesawat tua pada 9 Januari 2021. Ini dia fakta-fakta analisa pesawat tua oleh Vincent Raditya. Umur pesawat bukan indikator utama pesawat jatuh

Menurut penuturan Vincent Raditya, umur pesawat bukanlah indikator utama penyebab jatuhnya suatu pesawat. Untuk terjadinya suatu kecelakaan, banyak sekali faktor yang bisa menjadi sebabnya. "Jadi, kita tidak bisa memasalahkan berdasarkan umur pesawat. Karena terjadinya kecelakaan bukan umur pesawat yang dilihat. Dilihat dari banyak sekali faktor," ungkap Vincent dalam video YouTubenya. Pilot kelahiran 1984 ini juga mengungkap tak segan untuk menerbangkan pesawat tua jika pesawat tersebut well mantained. Ia juga mengaku pernah menerbangkan pesawat tua tahun 1990-an dengan perawatan yang baik. "So, kalau saya disuruh menerbangkan pesawat tua, I don't mind, as long as the maintenance is properly maintance," ungkap Vincent.

BACA JUGA: Ini Link Video Detik-detik Sriwijaya Air Jakarta-Pontianak Diduga Jatuh, Hilang Kontak

Aturan Pemerintah soal batas umur pesawat

Dalam aturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, pesawat yang boleh masuk dan beroperasi di Indonesia memiliki umur 20 tahun untuk kategori transport, 25 tahun untuk kategori selain transport, dan argo pesawat disesuaikan dengan manufaktur. Pesawat SRIWIJAYA SJ-182 jatuh bukan karena sudah tua?

Pesawat SRIWIJAYA SJ-182 yang hilang kontak pada Sabtu, 9 Januari 2021 merupakan pesawat buatan Amerika Serikat, Boeing. Menurut Vincent, maskapai Sriwijaya Air sendiri memang menggunakan pesawat tua, dari mulai 737 classic, 737 NG, dan masih banyak lagi. Namun, dari track record penerbangan Sriwijaya Air jarang sekali terjadi kecelakaan, karena memang pesawat mereka dirawat dengan baik. Jadi, pesawat tua bukanlah faktor utama Pesawat SRIWIJAYA SJ-182 jatuh."Saya tidak akan mendahului pihak KNKT ataupun pihak Investigation Board yang akan melakukan investigasi," ungkap Vincent.

BACA JUGA: Profil Grislend Gloria Natalies Pramugari Sriwijaya Air SJ182 dari FB, Keluarga Sedih dan Berdoa

Itulah fakta-fakta analisa pesawat SRIWIJAYA SJ-182 oleh Vincent Raditya. Seperti diketahui, pesawat SRIWIJAYA SJ-182 jatuh pada Sabtu, 9 Januari 2021 lalu.




SRIWIJAYA SJ-182analisa SRIWIJAYA SJ-182fakta-fakta SRIWIJAYA SJ-182Pesawat tua SRIWIJAYA SJ-182Analisa pesawat jatuhVincent RadityaAnalisa Vincent RadityaSRIWIJAYA SJ-182 jatuh

Share to: