Alternatif Shampo yang Dapat Ditemukan di Rumah, Bisa Dipake Saat Kepepet Gaes

Alternatif Shampo yang Dapat Ditemukan di Rumah, Bisa Dipake Saat Kepepet Gaes

Foto

Kolase foto rambut saat dikeramas dan alternatif shampo yang bisa ditemukan di rumah (Foto: Berbagai Sumber)


Berkut ini adalah bahan alternatif pengganti shampo yang bisa kamu temukan di rumah nih gaes.

Sebelumnya diketahui, kebanyakan orang-orang jaman dulu akan mengandalkan sabun bekas yang terbuat dari bahan pembersih alami yang berbeda untuk di jadikan alternatif shampoo. Hingga akhirnya shampo di temukan dan di produksi masal untuk setiap orang gaes.

Seperti yang kita tahu, shampo merupakan salah satu bahan pembersih yang sangat dibutuhkan oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan gaes. 

BACA JUGA: Tips Dan Trick Menghemat Uang Anti Ribet, Cocok Buat Millenial dan Gen Z Nih!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa alternatif bahan pengganti shampoo yang dapat digunakan untuk mencuci rambut. Apa itu? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Baking Soda

Soda kue di rambut? Jangan khawatir gaes, baking soda alias soda kue sebenarnya merupakan exfoliant alami, yang artinya bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran, mengurangi minyak berlebih, serta membantu menghilangkan ketombe dari kulit kepala yang bersisik dan gatal lho gaes.

Secara keseluruhan, baking soda juga bisa dengan lembut mendetoksifikasi rambut kamu gaes. Caranya cukup mudah lho, dengan mencampurkan satu sendok makan soda kue untuk satu gelas air. 

Kemudian, tuang ke dalam botol dan kocok hingga soda larut. Lalu tuangkan ke rambut basah kamu dan gosokkan, mulai dari akarnya sampai ke ujung rambut. Jangan lupa bilas dengan air mengalir ya gaes.

2. Cuka Sari Apel

Buat kamu yang belum tahu, keasaman cuka sari apel ini ternyata bisa memperlambat pertumbuhan jamur yang sering menyebabkan rambut rontok lho gaes. 

Selain itu, cuka apel juga menyediakan mineral dan vitamin penting untuk mendukung kilau, kekuatan dan kehalusan, menjaga warna rambut, serta menyesuaikan keseimbangan pH rambut gaes.

Cara memakainya, cukup campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air dalam botol lalu kocok hingga bercampur gaes. Kemudian, tuangkan ke rambut yang basah setelah keramas dan bilas dengan air sampai bersih.

3. Kuning Telur

Pernah gak sih kamu memecahkan telur langsung di kepala? Pastinya belum kan? Nah, taukah kamu telur penuh dengan protein dan vitamin ini sangat disukai rambut kamu lho. 

Telur bertindak sebagai surfaktan yang mengeluarkan kotoran di sepanjang rambut kamu gaes. Hal ini juga berfungsi sebagai kondisioner untuk rambut kering. Secara keseluruhan, ini akan membuat rambut kamu lebih lembut, bersih, dan pastinya membuat rambut kamu berkilau lho.

BACA JUGA: Tips Dan Trik Skripsian Ala Dosen Ira Mirawati Viral TikTok, Wajib Banget Dicoba Gaes

Caranya gampang banget nih, kamu cukup masukan telur dalam botol lalu dikocok sampai tercampur. Mandi dan tuangkan seluruh telur ke rambut basah Anda. Biarkan selama 1-3 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Gampang kan gaes?

4. Teh

Sebagai informasi aja nih gaes, kafein yang ada pada teh ternyata bisa mendorong aliran darah, hidrasi kulit, dan pengiriman oksigen ke dalam tubuh kamu lohh gaes, yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan dan mencegah kerontokan rambut.

Jadi, caranya gampang banget gaes, kamu hanya perlu seduh satu teko teh, biarkan hingga dingin, lalu tuangkan ke atas kepala kamu. Jangan lupa sebelum dituangkan, pastikan air tehnya sudah dingin ya gaes.

5. Minyak Zatiun

Kaya nutrisi, minyak zaitun memiliki banyak kualitas pelembut dan berfungsi sebagai pelembab alami yang hebat, membuat rambut lembut, kenyal, dan sehat lho gaes.

Sebelum memakai bahan alternatif pengganti shampo ini ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Pertama kamu harus menyiapkan bahan dan alatnya. Jumlah yang kamu butuhkan tergantung pada panjang rambut kamu sendiri ya gaes. 

Rambut pendek membutuhkan tidak lebih dari satu sendok makan minyak zaitun hangat. Sedangkan, rambut panjang membutuhkan 1/4 cangkir. Setelah itu, gosokkan ke kulit kepala selama 15 menit, lalu bilas deh sampai bersih. Gimana, gampang banget kan gaes?

6. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil merupakan minyak yang bisa melawan bakteri dan menyembuhkan peradangan. Minyak ini telah digunakan untuk mengatasi masalah kulit selama berabad-abad, termasuk ketombe gaes. Jadi, secara alami tea tree Oil bisa menjadi shampo anti ketombe yang luar biasa bagus lho gaes.

Berhubung harganya lumayan mahal, kamu bisa gunakan tea tree oil dengan mencampurkan minyak lain, seperti minyak kelapa, minyak almond, dan lainnya.

7. Minyak Kelapa

Seperti yang diketahui, minyak kelapa sering banget di pakai untuk produk kecantikan alami, mulai dari menghapus riasan hingga sebagai pelindung matahari gaes. 

Bila dikemas dengan vitamin, akan merangsang pertumbuhan rambut dan juga mencegah rambut rontok serta berguna untuk menghilankan ketombe. Wah, keren banget yah manfaat minyak kelapa ini. Wajib dicoba nih gaes!

8. Lidah Buaya

Siapa sih yang nggak tau manfaat dari tanaman yang satu ini untuk rambut? Yups, lidah buaya yang pastinya sudah nggak asing lagi  dengerkan. 

lidah buaya memiliki banyak khasiat anti bakteri di dalam riasannya, yang bisa memecah sel kulit mati dan efek antiinflamasinya membuat lidah buaya menjadi obat yang sangat baik untuk ketombe lho gaes. 

Gak cuma itu aja, taman ini juga bisa menghilangkan minyak ekstra pada rambut kita, melembabkan kulit, memperkuat, menyembuhkan helai rambut, dan meningkatkan pertumbuhan rambut lho gaes. Wah, banyak banget ya manfaatnya. Cocok nih jadi penggati shampo saat habis di rumah gaes.

Nah, itu dia beberapa bahan alternatif untuk dijadikan shampoo yang dapat kamu temukan di rumah, dan bisa banget dipake saat kepepet gaes! (Olivia Victoria Simanjuntak)

BACA JUGA: Kumpulan Doa Netizen buat Gempa Majene Sulbar, Yuk Donasi Buat Korban via Kitabisa




Cara Membuat Alternatif ShampoBahan Alternatif ShampoBahan Alternatif Pengganti ShampoAlternatif ShampoBahan Pengganti Shampo RumahanShampo Alternatif Alami

Share to: