8 Cara Alami Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat, Gampang Banget Dicoba~

8 Cara Alami Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat, Gampang Banget Dicoba~

8 Cara Alami Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat, Gampang Banget Dicoba~

Cara alami menurunkan asam lambung (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau menurunkan asam lambung, ada cara alami nih yang pastinya gampang banget dicoba gaes. 

Asam lambung merupakan penyakit yang memiliki gejala rasa terbakar di dada sehingga kalau semakin parah akibatnya bisa naik ke kerongkongan.

Meski asam lambung sangat diperlukan tubuh manusia untuk mencerna makanan, tapi produksi asam lambung yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya, kalau berlebihan akan membahayakan tubuh gaes. 

Adapun, beberapa penyebab asam lambung naik disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, pilihan makanan yang salah, konsumsi obat-obatan tertentu, obesitas, sampai gaya hidup tidak sehat. Biasanya saat asam lambung naik, orang-orang akan mencoba mengobatinya menggunakan obat-obatan. 

BACA JUGA: 8 Cara Alami Menurunkan Asam Urat, Gampang Banget Dicoba Gaes~

Tapi selain itu, ada juga lho cara alami yang bisa menurunkan asam lambung tanpa obat gaes. Apa itu? Langsung saja yuk simak caranya berikut ini.  

1. Menggunakan Lidah Buaya

Selama ini, kita mengenal bahwa lidah buaya bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Selain itu ternyata lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai obat asam lambung alami lho gaes. 

Mengonsumsi lidah buaya dipercaya efektif meredakan peradangan lambung yang menyebabkan asam lambung naik. 

Caranya cukup mudah, kamu bisa olah lidah buaya menjadi jus, lalu minum 30 menit sebelum makan gaes.

2. Mengunyah Permen Karet 

Menurut sebuah jurnal dari Dental Research, mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan bisa juga mengatasi asam lambung lho. Dengan catatan permen karet yang dikunyah adalah permen karet yang bebas gula gaes. 

Mengunyah permen karet bisa merangsang laju pelepasan air liur, sehingga asam yang  terakumulasi di perut akan tercuci dan bersih lebih cepat. 

3. Menggunakan Jahe 

Jahe dikenal memiliki sejuta manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya juga bisa digunakan sebagai obat alami menurunkan asam lambung lho gaes. 

Tapi untuk mengkonsumsinya kamu harus lebih hati-hati gaes, kalau mengonsumsinya lebih dari 2-4 gram sehari, jahe justru akan memperburuk nyeri dada akibat asam lambung gaes. 

4. Menggunakan Ramuan Kunyit 

Tak hanya bisa dijadikan bumbu masakan, kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah lambung lho. Pasalnya, dalam kandungan kunyit terdapat antioksidan polifenol yang berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, dan antikanker gaes.

BACA JUGA: Tips Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan alami, Cek Disini Gaes!

Kamu bisa membuat ramuan kunyit dengan cara merebus parutan kunyit dan meminumnya dua kali sehari secara rutin ya gaes.

5. Makan Mentimun Sebelum Makan  

Makan mentimun sebelum makan juga bisa membantu menurunkan asam lambung secara alami gaes. 

Caranya, cukup siapkan satu buah timun yang sudah dicuci bersih. Lalu potong menjadi beberapa bagian, kemudian makan sebagian timun sebelum makan. 

6. Konsumsi bubur Kacang Hijau 

Kacang hijau juga punya banyak khasiat lho gaes. biji-bijian ini sangat bagus untuk mengatasi penyakit asam lambung, karena kandungan pada kacang hijau bisa berfungsi menebalkan lapisan lambung.

Selain itu, kacang hijau juga berkhasiat untuk menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Kalau kamu mau merasakan hasil yang maksimal, konsumsilah secara rutin dengan cara mengolahnya menjadi bubur kacang hijau gaes.

7. Akar Manis atau Licorice

Akar manis merupakan salah satu bahan alami yang juga dikenal bisa dijadikan obat dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh lho gaes. 

Akar manis sudah lama dikenal sebagai bahan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan asal lambung. 

Kandungan pada akar manis akan sangat membantu mengobati asam lambung, karena memiliki kandungan antiradang dan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan sampai luka di lambung gaes.

8. Menggunakan Baking Soda 

Selain digunakan sebagai bahan dalam membuat kue, baking soda juga bisa digunakan untuk menurunkan asam lambung lho. Pasalnya, sifat basa yang ada pada baking soda bisa menetralkan asam pada asam lambung gaes. 

Caranya gampang baget, campurkan 1/2 atau 1 sendok teh baking soda dan segelas air, kemudian minum sebelum makan.

BACA JUGA: Tips Cara Alami Memutihkan Wajah Tanpa Krim Kecantikan, Kamu Wajib Tahu Gaes!

Tapi kamu juga harus hati-hati saat mau meminum minuman ini gaes. Hindari minuman ini kalau asam lambung naik terlalu sering, karena kandungan garamnya bisa mengakibatkan efek samping mual dan muntah lho.

Nah, itu dia 8 cara alami menurunkan asam lambung tanpa obat gaes. Semoga membantu~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Cara Alami Menurunkan Asam LambungCara Obati Asam LambungGejala Asam LambungPenyebab Asam Lambung NaikObat Alami Asam LambungPenyakit Asam Lambung

Share to: