Tips Cara Aman Mengendarai Mobil Bagi Pemula yang Benar, Harus Tahu Gaes!

Tips Cara Aman Mengendarai Mobil Bagi Pemula yang Benar, Harus Tahu Gaes!

Foto
Tips aman mengendarai mobil bagi pemula yang benar (Sumber Foto: Pixabay)

Buat kamu pemula yang mau mengendarai mobil, ada tipsnya nih yang benar dan aman gaes.

Mengendarai mobil bagi seorang pemula bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan juga mengerikan lho gaes. 

Pasalnya, kalau nggak tahu seluk-beluk berkendara dengan tepat, bukan tidak mungkin hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi lho gaes.

Makanya, buat kamu pemula yang baru mengendarai mobil atau sejenisnya harus tahu banget tantang aturan dan cara berkendara yang tepat, untuk menghindari terjadinya kecelakaan gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Menjaga Kulit Tetap Sehat Menawan, Mau Coba?

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum tips cara aman mengendarai mobil bagi pemula yang benar. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

Gunakan Sabuk Pengaman 

Selain bentuk mentaati peraturan lalu lintas, menggunakan sabuk pengaman juga berfungsi sebagai pelindung diri saat mobil mengalami benturan dan menahan tubuh agar tidak terlempar gaes.

Kalau hal ini tidak dilakukan, bisa dipastikan saat terjadi kecelakaan ringan ataupun berat, seseorang yang tidak menggunakan sabuk pengaman memiliki tingkat risiko cedera yang paling tinggi. Makanya, buat pemula atau bukan, diharuskan mematuhi peraturan lalu lintas dan selalu menggunakan sabuk pengaman saat berkendara ya gaes!

Atur Kenyamanan Duduk 

Sebagai pengemudi pemula, kamu harus mengetahui posisi kursi yang sesuai dan nyaman saat sedang berkendara, apalagi saat kamu berkendara sendirian gaes. 

Aturlah posisi kursi senyaman mungkin, agar saat melakukan perjalanan, tidak mudah mengalami kram atau pegal, apalagi jika perjalanan yang dilakukan memerlukan jarak tempuh yang cukup lama gaes.

Patuhi Rambu Lalu Lintas

Sebagai pengendara yang baik diharuskan mematuhi aturan lalu lintas gaes. Selain itu, jangan melanggar rambu-rambu ataupun menerobos lampu lalu lintas. Pasalnya, kalau hal itu terjadi kemungkinan akan ditilang oleh petugas polisi dan juga bisa membahayakan pengendara lain. Demi keselamatan bersama, maka ada baiknya selalu mengikuti peraturan lalu lintas yang ada ya gaes!

Perhatikan Kaca Spion

Penting buat kamu untuk melihat kaca spion saat berkendara nih gaes. Ketika akan berbelok ataupun saat di persimpangan, kamu perlu memerhatikan kendaraan yang ada di belakang, sehingga bisa memastikan kalau kamu sudah berada di tempat yang nyaman saat akan melajukan mobil. 

Jangan Berkendara Saat Lelah 

Tips paling penting menyetir mobil bagi pemula adalah pengemudi tetap dalam kondisi bugar selama berkendara gaes. Pengemudi biasanya perlu untuk beristirahat minimal 30 menit sekali setelah menempuh perjalanan selama empat jam agar kondisi badannya kembali bugar dan tidak kelelahan.

Gunakan Lampu Sein

Lampu sein juga adalah salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan selama berkendara gaes. 

BACA JUGA: Ini Tips dan Trik Jadi TikTokers Viral Nan Populer, Mau Coba?

Lampu sein merupakan indikator untuk memberi tahu pengendara lain ketika pengemudi ingin berbelok arah. 

Tanpa memberikan sinyal ketika akan berbelok, bukan tidak mungkin kamu akan membahayakan pengendara lainnya gaes. Makanya, diharuskan menggunakan lampu sein sebagai penanda ketika akan berbelok, berhenti sejenak, ataupun memutar arah ya gaes.

Jaga Jarak Aman 

Pastikan kamu selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depan saat sedang berkendara gaes. Jangan terlalu mepet dengan kendaraan di depan, karena hal itu akan membuat kendaraan kamu sulit menghindar ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Selain itu, jangan biarkan suasana hati yang sedang buruk mempengaruhi mood kamu ketika berkendara, apalagi buat pengendara pemula. Jika dibiarkan, bisa membuat kamu lebih mudah tersulut emosi dan tentunya nggak baik ketika sedang berkendara gaes.

Perhatikan Kecepatan 

Tips yang terakhir adalah selalu memperhatikan kecepatan gaes. Bagi pengendara tidak disarankan untuk mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Apalagi buat kamu yang belum mahir mengendarai mobil alias pemula.

BACA JUGA: Tips Cara Membuat Masker Kain Sendiri di Rumah, Gampang Banget Dicoba Gaes!

Sebaiknya kendarai mobil sesuai dengan kecepatan sesuai rambu lalu lintas di jalan ya gaes.

Nah, itu dia tips cara aman mengendarai mobil bagi pemula yang benar gaes. Jangan sampai ketinggalan informasi tips lainnya hanya di KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Aman Mengendarai Mobil Bagi PemulaCara Aman Mengendarai MobilTips Mengendarai Mobil yang BenarCara Pemula Mengendarai MobilTips Mengendarai Mobil yang BenarTips Berkendara yang AmanCara Aman Berkendara

Share to: