Tips Cara Membuat Masker Kain Sendiri di Rumah, Gampang Banget Dicoba Gaes!

Tips Cara Membuat Masker Kain Sendiri di Rumah, Gampang Banget Dicoba Gaes!

Tips Cara Membuat Masker Kain Sendiri di Rumah, Gampang Banget Dicoba Gaes!

Cara membuat masket kain sendiri di rumah (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau bikin masker kain sendiri di rumah, ada tipsnya nih yang gampang banget dicoba gaes.

Seperti yang diketahui, membuat masker dari kain bisa menjadi cara jitu untuk mengurangi kondisi kelangkaan masker sekali pakai dan jenis medik. 

Selain itu, membuat masker kain sendiri kamu bisa dengan mudah menentukan motif dan jenis kain yang cocok agar bisa nyaman saat dipakai gaes. 

BACA JUGA: Tips Cara Obati Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Kamu Harus Tahu Gaes!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum tips cara mudah untuk membuat masker kain sendiri di rumah gaes. Penasaran gimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan 

Tips pertama adalah siapkan alat dan bahan yang diperlukan gaes. Mulai dari kain atau material kaos sesuai selera dengan logo, tagline, sampai pola favorit kamu. Setelah itu, siapkan juga kain pelapis dengan menggunakan kain yang lebih tipis seperti seprai, dan sarung bantal.

Selain kain, kamu juga perlu menyiapkan alat-alat seperti jarum, benang, ban elastik, karton bekas kalender, penggaris atau scale meter, dan pensil.

2. Gambar Pola

Cara yang paling mudah untuk menggambar pola adalah dengan meniru pola masker disposable yang dilipat menjadi dua dan dipindahkan ke karton gaes. 

Namun, jika nggak ada, kamu bisa buat pola sendiri dan sesuaikan dengan struktur rahang, sebagai catatan bentuk merunut pada wajah dewasa. Untuk membuat pola ini kamu bisa menggambarnya pada selembar kertas ya gaes. 

3. Pindahkan Pola pada Kain 

Pindahkan pola ke atas selembar kain yang dilipat menjadi dua. Lakukan sekali lagi di atas selembar kain yang sama untuk menjadi bagian penutup nantinya gaes. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Duduk Anti Pegal Selama Bekerja, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Setelah itu, buat juga pola yang sama pada satu lembar pelapis, dan keduanya dilipat menjadi dua bagian sebelum diberi pola. Hasilnya, kamu akan punya tiga lembar kain gaes.

4. Jahit Pola yang Tersedia 

Satukan bagian yang terlihat jelek dari kedua bagian masker, pasangkan pin atau jarum agar pola nggak bergeser dari kain gaes. Kemudian jahit bagian atas dan bawahnya. Setelah itu, pasangkan bagian pelapis dan sejajarkan dengan bagian kain bermotif masker.  

Selanjutnya, jahit dengan cara jahitan atas (topstitch). Ingat, jangan membuka pin sebelum menjahit bagian lining dengan kain utama ya gaes.

5. Jahit Bagian Baliknya 

Ulangi lagi untuk sisi kain sebelahnya. Jangan lupa untuk menjahit berulang masing-masing ujung pita elastis ke sudut sisi masker agar nggak mudah terlepas gaes. 

Lalu, jahit sisi masker bagian bawah. Setelah itu, jahit sisi masker bagian atas dan jahit sekali lagi ujung terdekat tempat karet elastis agar lebih kuat.

6. Pasangkan Karet Pengait

Tips selanjutnya adalah selipkan ujung-ujung karet elastis ke sisi atas dan bawah sudut sisi kain yang dijahit bagian dalam.  Jahit ulang agar ujung karet elastis menempel sempurna sampai semua bagian masker menempel dengan rapih dan kuat. 

7.  Merapihkan Sisa 

Terakhir, kamu harus memeriksa apakah masker kain sudah terjahit dengan rapih dan sempurna. Kemudian guntinglah benang-benang sisa jahitan yang masih tersisa pada masker. 

BACA JUGA: 8 Tips Cara Sembuhkan Batuk Berdahak dengan Bahan Alami, Cek Disini Gaes!

Setelah masker jadi, jangan sampai lupa untuk mencucinya terlebih dulu sebelum digunakan ya gaes. 

Itu dia tips cara membuat masker kain sendiri di rumah, yang pastinya gampang banget dicoba gaes. Jangan sampai ketinggalan informasi tips lainnya hanya di KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Membuat Masker Kain SendiriCara Membuat Masker KainCara Bikin Masker KainTutorial Bikin MaskerTips Membuat Masker SendiriMasker Kain

Share to: