Sejarah dan Asal Usul VALENTINE dari Santo Valentinus, Ternyata Tragedi Kelam Gaes

Sejarah dan Asal Usul VALENTINE dari Santo Valentinus, Ternyata Tragedi Kelam Gaes

Sejarah dan Asal Usul VALENTINE dari Santo Valentinus, Ternyata Tragedi Kelam Gaes

Sejarah dan Asal Usul VALENTINE dari Santo Valentinus (Foto Berbagai Sumber)


Tanggal 14 Februari biasnya selalu diperingati sebagai Hari Valentine atau Valentine's Day oleh sebagian besar masyarakat.

Kita pun dibuat penasaran dengan sejarah dan juga asal usul dari adanya perayaan Hari Valentine ini gaes.

Banyak masayarakat yang mengartikan kalau Hari Valentine ini merupakan hari kasih sayang yang sengaja diadakan untuk mengungkapkan kasih sayang.

BACA JUGA: 10 Hari Kasih Sayang Selain VALENTINE yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Namun sebagaiannya lagi mengatakan kalau hari tersebut adalah perayaan dibalik tragedi kelam yang terjadi di masa lalu.

Lupercalia menjadi Hari Santo Valentinus

Pada masa Romawi Kuno, tanggal 13, 14 dan 25 Februari selalu diperigati sebagai Lupercalia yang merupakan festival kesuburan dan kesehatan bagi penduduk dan seisinya.

Dalam festival ini biasanya terdapat acara perjodohan yang menharuskan seorang pria menarik secara acak wanitanya untuk bersama-sama merayakan festival tersebut, bahkan bisa diteruskan ke pernikahan jika memang cocok.

Namun pada abad kelima, Paus Hilarius melarang festival ini karena dinilai tak cocok dengan ajaran Kristen. Tak berselang lama pelarangan ini dicabut oleh Paus Gelasius serta meneruskan festival ini dan menjadikannya sebagai hari perayaan untuk Santo Valentinus.

Sejarah Hari Hari Valentine

Diketahui, nama Valentine adalah sebuah nama 3 orang santo atau suci di agama Kristen yang memiliki kisah kelam dan tragis.

Diketahui ada 3 nama Valentine atau Valentinus yang kisahnya dijadikan perayaan oleh Paus Gelasius pada 14 Februari tersebut.

Valentine pertama adalah orang yang hidup di abad ke 3 dan dibunuh oleh kaisar Claudius karena ketahuan menikahkan parjurit secara ilegal karena pada saat itu kaisar melarang prajurit menikah dengn alasan agar mereka mencintai negaranya saja.

Valentine kedua adalah seorang pria asal Afrika yang dibunuh karena jatuh cinta pada anak orang yang telah memenjarakannya.

Valentine ketiga adalah seroang uskup yang disiksa dan dieksekusi pada 14 Februari oleh Claudius II.

BACA JUGA: Merry Christmas! Yuk Simak Sejarah Hari Natal 25 Desember Gaes

Sejak saat itulah salah satu dari ketiga nama Valentine inilah yang akhirnya dijadikan sebagai perayaan Hari Valentine pada 14 Februari gaes.




Hari ValentineSejarah Hari ValentineValentines DaySejarah Valentines DayAsal Usul Hari Valentine14 Februari

Share to: