Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Mencuci Sepatu Sesuai Jenisnya Gaes

Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Mencuci Sepatu Sesuai Jenisnya Gaes

Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Mencuci Sepatu Sesuai Jenisnya Gaes

Cara mencuci sepatu sesuai jenisnya, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang belum tahu cara mencuci sepatu sesuai dengan jenisnya, ada tips dan triknya nih yang bisa kamu lakukan gaes.

Seperti yang kita tahu, cara mencuci sepatu yang benar perlu diterapkan sesuai jenis dan bahannya. Tiap bahan sepatu memang memerlukan perawatan yang berbeda gaes. 

Banyaknya sepatu dengan berbagai warna dan bahan pasti akan membuat seseorang kesulitan dalam merawat sepatu-sepatu tersebut. Jika salah dalam perawatannya, kemungkinan sepatu tersebut bisa menjadi rusak atau terlihat usang gaes. 

Makanya, penting banget nih buat kamu mengetahui cara yang benar mencuci sepatu sesuai dengan jenis dan bahannya, agar kamu tidak sampai merusaknya gaes. 

BACA JUGA: 8 Tips dan Trik Menjaga Imunitas Tubuh Agar Selalu Sehat di Masa Pandemi

Berikut Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa tips dan trik mencuci sepatu sesuai jenisnya. Apa apa saja itu? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Mencuci Sepatu Leather 

Pembersihan terhadap sepatu kulit adalah dengan menggunakan campuran air dan cuka dan pastikan kadar keduanya seimbang. 

Caranya adalah gunakan kain atau lap kering berbahan lembut lalu celupkan pada campuran tersebut. Setelahnya bersihkan secara perlahan pada sepatu. Keringkan sepatu menggunakan kaus katun yang sudah tidak terpakai.

Jika sepatu kamu terdapat noda membandel yang cukup sulit untuk dihilangkan kamu bisa membersihkannya menggunakan shampo atau kondisioner.

Memiliki sepatu berbahan kulit memang sedikit spesial karena bahannya yang sangat lembut sehingga perlu perawatan yang sedikit berbeda.

Mencuci Sepatu Kanvas

Membersihkan sepatu kanvas terbilang cukup mudah kok gaes, karena bisa dilakukan dengan cara manual. Kamu bisa melepaskan tali sepatu terlebih dahulu, kemudian siapkan air hangat. Selanjutnya celupkan sepatu kamu ke dalam air hangat.

Untuk pencuciannya, gunakan cairan pencuci piring dengan menggunakan sikat nilon lalu gosokkan pada bagian dalam dan luar sepatu secara perlahan hingga bersih. Kemudian bilas dengan air mengalir. Terakhir, cukup diamkan hingga kering gaes.

Mencuci Sepatu Denim Atau Jeans

Cara mencuci sepatu denim atau jeans, kamu hanya memerlukan sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, detergen dan air hangat untuk membersihkannya gaes. Sikat bagian-bagian sepatu dengan lembut agar bahannya tidak rusak ya! 

Nah, jika dibagian sepatu kamu menemukan bau yang tak enak, kamu bisa menambahkan sedikit baking soda ke dalam deterjen untuk menghilangkan baunya gaes.

Mencuci Wedges Bertali 

Wedges merupakan jenis sepatu atau sandal yang digemari para wanita. untuk menjaga agar wedgesmu tetap terlihat bagus, kamu harus tahu cara merawatnya nih gaes. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Melacak Handphone yang Hilang, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Untuk pembersihannya kamu bisa mengenakan sikat gigi untuk menghilangkan kotoran di hak menggunakan pembersih karpet gaes. Pastikan kamu menyikatnya kearah yang sama untuk mencegah kerusakan.

Mencuci Sepatu Suede 

Suede merupakan sepatu yang terbuat dari bahan kulit sapi, sehingga perawatannya pun tidak bisa sembarangan gaes.

Pembersihan sehari-hari, kamu bisa menggunakan sikat khusus suede agar noda yang menempel bisa hilang dengan cepat. 

Sedangkan kalau sudah terkena noda yang membandel, kamu membutuhkan cairan khusus dan menyikatnya dengan bantuan sikat yang lembut atau kain bertekstur lembut agar busa pada sepatu bisa hilang.

Mencuci Sepatu Olahraga 

Ada banyak jenis sepatu olahraga yang bisa dibersihkan di dalam mesin cuci. Pastikan kamu melepas tali sepatu dan insole bagian dalam sepatu sebelum mencucinya ya gaes.

Kamu bisa membersihkan bagian-bagian sepatu ini secara terpisah. Setelah dicuci, biarkan sepatu mengering dengan sendirinya pada tempat terbuka. Ingat, jangan pernah mengeringkan sepatu ini di dalam mesin pengering ya.

Mencuci Sepatu dengan Mesin Cuci 

Bahan kanvas, pleather (kulit imitasi), karet, plastik, dan rajut merupakan bahan-bahan sepatu yang boleh dicuci menggunakan mesin cuci.

Sedangkan untuk sepatu berbahan suede dan kulit asli, maka sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci. Berikut cara mencuci sepatu dengan mesin cuci yang benar! 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Menghilangkan Bau Kaki, Dijamin Hilang Gaes

Pertama- tama, lepas tali sepatu, lalu tempatkan dalam sarung bantal untuk memastikan agar kotoran tidak menempel di bawah tali sepatu dan sepatu tidak terlilit. Kemudian, gunakan sikat berbulu lembut untuk menghilangkan sebanyak mungkin kotoran yang membandel.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik mencuci sepatu sesuai jenisnya gaes. Jika kamu ingin tahu informasi tentang tips dan trik lainnya bisa langsung kunjungi KUYOU.id ya! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Mencuci Sepatu Sesuai JenisnyaTrik Cuci Sepatu Sesuai BahannyaCara Mencuci Sepatu yang BenarMencuci Sepatu yang BenarTips dan Trik

Share to: