Menjawab Tanya Kenapa Orang Vietnam Identik Nama Nguyen? Simak Jawaban YouTuber Sepulang Sekolah

Menjawab Tanya Kenapa Orang Vietnam Identik Nama Nguyen? Simak Jawaban YouTuber Sepulang Sekolah

Menjawab Tanya Kenapa Orang Vietnam Identik Nama Nguyen? Simak Jawaban YouTuber Sepulang Sekolah

Tangkapan layar YouTuber Sepulang Sekolah, ungkap fakya nama Nguyen di masyarakat Vietnam (Foto: YouTube Sepulang Sekolah)


Siapa yang penasaran dengan banyaknya masyarakat Vietnam yang memiliki nama keluarga atau nama belakang Nguyen? Simak jawabannya versi YouTuber Sepulang Sekolah yuk!

Seperti yang kita ketahui, banyak orang Vietnam menggunakan Nguyen sebagai nama belakang mereka. Sama halnya dengan nama keluarga, sayangnya mereka gak saling mengenal satu sama lain lho gaes.

Pernahkah kamu kepo kenapa begitu banyak orang sana yang memiliki nama belakang yang sama? Bahkan faktanya 40% populasi Vietnam menggunakan nama Nguyen lho gaes! Wah, banyak banget ya.

Baca Juga: Fakta-fakta Lembu Pecat Vincent Desta dari Club 80's, Penyebabnya Apa Ya? Gen 90 Merapat

Kenapa di Vietnam banyak Menggunakan nama Nguyen?

YouTuber Sepulang Sekolah menjelaskan bahwa ternyata masyarakat asli bernama keluarga Nguyen ini merupakan masyarakat China yang datang ke Vietnam lho.

Hal ini terjadi sekitar tahun 420-528 saat pemerintahan China tengah kacau dan mereka pindah ke negara lain untuk bertahan hidup gaes. Nah, selama di Vietnam, gaya hidup mereka berubah seperti masyarakat lokal.

Hingga akhirnya di akhir abad ke-1, jumlah keluarga Nguyen yang datang ke Vietnam terus meningkat. Hal ini lah yang membuat meningkatnya jumlah orang dengan nama belakang Nguyen di Vietnam sejak saat itu.

Awal Membludaknya nama Nguyen di Vietnam

Titik balik meningkatnya nama tersbeut berlangsung selama masa pemerintahan Tran yang mengambil alih negara dari Dinasti Ly. Dia membuat sebuah keputusan yang cukup penting dalam sejarah membludaknya nama Nguyen di Vietnam.

Baca Juga: Fakta-fakta Rian TV Evakuasi ODGJ Masih Muda dan Ganteng Tiap Hari Minum Bensin 4 Liter!

Dia memerintahkan semua orang yang memiliki nama belakang Ly untuk mengubah nama mereka menjadi Nguyen. hal ini bertujuan untuk menghilangkan nama keluarga tersebut dari sejarah gaes!

"Tujuannya buat menghapus nama keluarga Ly dari sejarah. Biar nanti orang di masa depan gak tahu kalau keluarga Ly sempat menguasai Vietnam," kata YouTuber Sepulang Sekolah.

Namun hingga saat ini masih belum terjawab mengapa Tran Thu Do memilih Nguyen sebagai nama belakang untuk menggantikan Ly. Spekulasi mengatakan bahwa hal tersebut dibuat secara spontan atau pilihan acak.

Meski begitu, YouTuber Sepulang Sekolah mengatakan bahwa ada kemungkinan terpilihnya Nguyen adalah karena nama tersebut dimiliki oleh keluarga imigran. Hal ini gak akan membuat mereka memiliki pengaruh yang kuat di pemerintahan atau kekaisaran.

Keruntuhan Dinasti Tran, Sejarah Penggantian Nama Keluarga Terulang

Lagi-lagi pemerintahan berdampak besar terhadap perubahan nama keluarga. Kali ini, dinasti Tran jatuh dan berhasil dilengserkan oleh keluarga Ho.

Baca Juga: Detik-detik Ustaz Maaher Meninggal Dunia, Diperlakukan Baik dan Sakit Lambung

keluarga Ho pun ingin membunuh semua orang dari keluarga Tran untuk menghapuskannya dari sejarah gaes. Akhibatnya, semua yang bermarga Tran mengubah nama keluarga mereka menjadi Nguyen untuk menghindari pembantaian.

Dia akhir pemerintahan, keluarga Ho juga mengubah nama mereka menjadi Nguyen untuk menghindari pembantaian yang sama gaes.

"Jadi kaya siklus aja akhirnya. Kalu ada keluarga penguasa yang lengser, itu pasti nama belakangnya berubah menjadi Nguyen. Sampai abat ke-16 masih begitu," ujar YouTuber Sepulang Sekolah.

Keluarga Ngunyen Berhasil Memerintah

Pada abad ke-19, akhirnya keluarga Nguyen pun mendapat giliran utnuk menjadi penguasa gaes. Dan ini merupakan dinasti penguasa di Vietnam yang terakhir.

Nah, kala itu, semua orang yang memiliki nama keluarga Nguyen memiliki keistimewaan di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah bayar pajak lebih murah hingga mudah mendapatkan pekerjaan.

Tentu saja hal ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengubah nama keluarga mereka menjadi Nguyen. Wah, makin banyak ya gaes!

Nah, itu dia sejarah panjang mengapa di Vietnam banyak memiliki nama keluarga atau nama belakang Nguyen.

Baca Juga: Fakta-fakta UFO Turun di Gresik Bulan Ini, Mas Nugi Blak-blakan di Podcast Deddy Corbuzier Gaes (Beta UFO)

Untuk lebih jelas, yuk simak video dari YouTuber Sepulang Sekolah berikut ini!




Nama NguyenNama Keluaraga NguyenNguyenSejarah nama NguyenVietnam NguyenYouTuber Sepulang SekolahSepulang SekolahYouTuber

Share to: