Fakta Mistis dan Lokasi Kota Gaib Saranjana di Kalimantan, Lengkap Denah Lokasi, Viral Karena TikToker Chriswisconsin

Fakta Mistis dan Lokasi Kota Gaib Saranjana di Kalimantan, Lengkap Denah Lokasi, Viral Karena TikToker Chriswisconsin

Foto

Fakta Mistis dan Lokasi Kota Gaib Saranjana dalam kolase Foto (Foto: TikTok @chriswisconsin)


Fakta mistis dan lokasi Kota Gaib Saranjana, Kalimantan yang viral di TikTok tersaji dalam artikel berikut ini.  Kota Gaib Saranjana tersebut diungkap oleh TikToker Chriswisconsin

Banyak yang menyebut kota Saranjana adalah kota 'gaib' yang ada di wilayah Kotabaru, Kalimantan Selatan. Jika ditelusuri, Kota ini memang tak ada dalam peta. Namun, masyarakat percaya bahwa kota tersebut berada di sebuah pulau bernama Pulau Laut dimana ibu kota Kabupaten Kotabaru berada. 

BACA JUGA: Fakta-fakta YouTuber Joe Hardian Kal Sambangi Rumah Sakit Mangkrak Jember Viral, Nantangin Makhluk Halus Gaes!

Saranjana sering disebut sebagai kerajaan gaib atau kota besar alam gaib. Kabarnya, Nggak sedikit yang hilang ketika mencoba memasuki wilayah tersebut gaes. 

Hal tersebut sudah menjadi rahasia umum bagi warga Kalimantan Selatan. Mereka percaya jika seseorang telah masuk ke dalam kota tersebut, maka kemungkinan keluarnya sangat kecil.  

Makin penasaran kan dengan fakta mistisnya? Berikut adalah fakta mistis dan lokasi kota gaib Saranjana

Denah lokasi Kota Gaib Saranjana

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Kota Gaib Saranjana dipercaya berada di dekat daerah Teluk Aru. Tepatnya di sebuah pulau bernama Pulau Laut. 

Lokasinya sendiri berada di selatan Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Meski begitu, jika ditelusuri melalui peta, tak ada kota bernama kota saranjana. Bahkan mesin pencari Google tak bisa menampilkan hasil Kota Saranjana pada petanya. 

BACA JUGA: Fakta-fakta Unik SAJAK BAPER TikTok, Parodi Barbie dengan VO yang Keren Abis Gaes

Dihuni oleh mahkluk halus

Beragam mitos pun muncul soal Kota Saranjana di tengah masyarakat Kalimantan. Ada yang menyebut beragam kejadian mistis di kota tersebut. 

Ada juga yang percaya bahwa kota itu dihuni oleh makhluk halus tak kasat mata atau jin muslim. Nggak cuma itu, ada yang menyebut bahwa kota Saranjana dihuni oleh manusia yang sudah meninggal. 

Alat berat tak ada pemiliknya

Salah satu cerita mistis soal Kota gaib Saranjana adalah cerita soal alat berat ini gaes. Pada 1980-an pemerintah setempat sempat dikagetkan oleh kedatangan sejumlah alat berat pesanan dari Jakarta dengan tujuan Kota Saranjana. 

Semua alat berat itu sudah dibayar lunas, namun tak ada nama yang memesannya. Padahal Kota Saranjana di alam nyata secara administratif tak ada di Kabupaten Kotabaru. Cerita mistis satu ini terus beredar dari mulut ke mulut hingga sekarang. 

Viral di sosial media TikTok

Cerita satu ini viral di berbagai sosial media, salah satunya adalah TikTok. Salah satu TikToker yang sempat mengungkap cerita mistis Kota Saranjana adalah Chriswisconsin. 

Chriswisconsin pernah mengunggah sebuah video soal Kota Saranjana pada 3 Februari 2021. Dalam video tersebut ia berlaku seolah menjadi ambasador Kota Saranjana. Ia mengungkap bahwa Kota Saranjana kini tengah membutuhkan tumbal atau warga baru. 

Ia juga mengungkap bahwa Kota Saranjana memiliki fasilitas lengkap layaknya kota Maju. Seperti pendidikan, hiburan, hingga pemakaman gaes. Hiiiii serem. 

Video itupun kini sudah ditonton 236,9 ribu kali dan dikomentari oleh 486 akun. Video itu juga mendapat 28,9 ribu likes lho gaes. 

BACA JUGA: Fakta-fakta Gangguan Mistis Rumah Nenek JURNALRISA di Lembang, Kesurupan sampai Kendala Teknis

Nah itulah fakta mistis Kota Gaib Saranjana yang viral di TikTok dan sosial media lain. Hingga kini belum terungkap secara ilmiah tentang keberadaan kota Saranjana di Kalimantan Selatan ini gaes. 




Kota Gaib SaranjanaFakta Kota Gaib SaranjanaKota Saranjana Google MapsLokasi Kota SaranjanaPeta Kota SaranjanaCerita Mistis Kota SaranjanaFakta Mistis Kota Saranjana

Share to: