Viralnya Yudhi Maulana Adalah Bukti Influencer Lebih Kuat dari Jurnalisme

Viralnya Yudhi Maulana Adalah Bukti Influencer Lebih Kuat dari Jurnalisme

Foto

Kolase Foto Viralnya Yudhi Maulana Adalah Bukti Influencer Lebih Kuat dari Jurnalisme ) (Foto: Twitter)


Viralnya seorang jurnalis, Yudhi Maulana merupakan bukti influencer lebih kuat dari jurnalisme. Belum lama ini sosok itu viral karena berita yang telah ditulisnya. 

Seperti kutipan berbunyi "Most influencers aren't journalists, and not all journalists are influencers. But sometimes, their powers are combined in a super-influential hybrid who drives conversations," demikian pendapat Devon Wijesinghe, CEO of Insightpool. 

Dulu, masyarakat dipengaruhi atau diinfluence oleh berita-berita dari media mainstream atau yang ditulis oleh para jurnalis. Berbeda dengan hal tersebut, kini masyarakat juga dipengaruhi oleh pertumbuhan teknologi yang pesat. 

Hal tersebut membuat masyarakat punya pilihan untuk mempercayai sebuah informasi dari beragam sisi. Misalnya saja dari influencer, blogger, selebgram, selebtwitt, Youtuber, dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA: Sosok-Profil Yudhi Maulana, Penulis Berita Manganang yang Viral Diburu Netizen

Menilik dari kasus Yudhi Maulana

Berdasarkan kutipan Devon di atas dan mengupas kasus Yudhi Maulana, terbukti nyata bahwa seorang influencer bukanlah jurnalis, dan juga sebaliknya seorang jurnalis pun tak semua menjadi influencer. 

Namun, juka kekuatan keduanya digabungkan maka akan mampu menciptakan percakapan yang sangat mempengaruhi publik. Dalam persoalan Yudhi Maulana, berita yang ia tulis dinilai terlalu berlebihan setelah diungkap oleh seseorang bernama Mark Oh di Twitter. 

Sosoknya ternyata bisa menginfluence banyak orang agar lebih aware terhadap media-media yang menyajikan konten berita yang berlebihan. Netizen pun mulai ikut terbawa bahwa apa yang ditulis Yudhi Maulana terlalu berlebihan dan tak pantas.

Nggak cuma itu aja, ia juga membuat netizen mencari tahu berita-berita lain yang ditulis Yudhi Maulana. Dari situlah terungkap bahwa beberapa berita yang ditulis Yudhi Maulana memang sedikit berlebihan. 

BACA JUGA: 10 Fakta Temuan Netizen soal Yudhi Maulana, Penulis Berita Manganang soal P*nis

Apakah influencer lebih kuat dari jurnalis?

Wartawan atau jurnalis memang memiliki kekuatan untuk trust atau kebenaran informasi. Sebab mereka bekerja untuk institusi yang menjaga dan memiliki standar tertentu. Untuk sebagian besar organisasi bahkan melarang wartawan untuk menerima pembayaran. 

Namun di sisi lain, influencer kini punya efek yang sama dnegan jurnalis, dengan cara mereka meyakinkan pengikutnya bahwa merekatak menerima pembayaran dalam bentuk apapun. 

Karena itulah, dalam beberapa waktu terakhir peofesi sebagai influencer banyak diminari di Indonesia. Mereka bisa saja berasal dari Jurnalis maupun non Jurnalis. 

Tren influencer terlihat dari berbagai press conference atau acara-acara perusahaan yang juga dipadati para influencer, selain jurnalis dari aneka media tentunya. 

Jadi baik Jurnalis maupun Influencer emiliki kekuatannya masing-masing. Jika jurnalis atau media memiliki kekuatan untuk menciptakan trust maupun kredibilitas merek,  maka influencer memiliki kekuatan untuk menciptakan viral atau word of mouth. 

BACA JUGA: Sosok Orang Tua Ayah dan Ibu Aprilia Manganang, Akrab dan Sederhana Banget Lho Gaes

Nah itu dia gaes penjelasan lengkap Yudhi Maulana merupakan bukti influencer lebih kuat dari jurnalisme. Belum lama ini sosok itu viral karena berita yang telah ditulisnya. 




Yudhi MaulanaSosok Yudhi MaulanaBerita Yudhi MaulanaInfluencer dan JurnalisJurnalis vs Influencer

Share to: