Biografi dan Profil M Abdullah Syukri, Millenial asal Cirebon yang Jadi Ketua PMII 2021-2023

Biografi dan Profil M Abdullah Syukri, Millenial asal Cirebon yang Jadi Ketua PMII 2021-2023

Biografi dan Profil M Abdullah Syukri, Millenial asal Cirebon yang Jadi Ketua PMII 2021-2023

Kolase Foto dan Biografi Profil M Abdullah Syukri, Millenial asal Cirebon yang Jadi Ketua PMII 2021-2023 (Foto: Instagram @mabdullahsyukri)


Berikut biografi dan profil M Abdullah Syukri, milenial yang jadi ketua PB PMII 2021-2023.

M Abdullah Syukri merupakan kader PMII asal Malang yang lahir pada tahun 1991. Nama M Abdullah Syukri terpilih menjadi ketua umum PB Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Masa bakti 2021-2023 dalam kongres yang digelar pada 25 Maret 2021. 

Pria yang kerap disapa Gus Abe itu mendapat total suara 130 dari total 242 suara dalam kongres yang diadakan di 6 zona terpisah, yakni Balikpapan, Samarinda, Batam, Bekasi, Lombok Timur, dan Kendari secara virtual. 

BACA JUGA: Biodata Raihan Ariatama, Lengkap Umur dan Agama, Milenial Ketua HMI 2021-2023 Keturunan Sumbar Gaes

Kiprah M Abdullah Syukri di organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) sudah tak diragukan lagi. Sebelumnya, ia dipercaya untuk menjadi ketua Komisariat PMII Universitas Brawijaya, Malang. Lalu melanjutkan kiprahnya sebagai bagian dari Biro Litbang dan Biro Kaderisasi di PMII Cabang Malang. 

Makin penasaran dengan sosoknya? Langsung aja simak biografi dan profil M Abdullah Syukri yang berhasil dirangkum KUYOU berikut ini. 

1. Biografi dan profil

-Nama lengkap: Muhammad Abdullah Syukri

-Nama panggilan: Gus Abe

-Tempat Tanggal Lahir: Cirebon, 1991 

-umur: 29 Tahun

-Agama: Islam

-Keturunan: Jawa-Sunda

-status: Lajang

-pendidikan: Universitas Brawijaya, Universität Duisburg-Essen

-Pekerjaan: Ketua PB PMII 2021-2023, Wakil Direktur Center for Indonesian Policy Studies, Sekertaris Bidang Pendidikan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Buntet Pesantren

-hobi: Membaca, Olahraga

-akun instagram: @mabdullahsyukri

2. Latar belakang pendidikan

M Abdullah Syukri diketahui menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya. Ia lalu melanjutkan studinya ke Universitas Duisberg Essen, Jerman dalam bidang Ilmu Politik dan Pemerintahan dengan beasiswa penuh dari Pemerintahan Jerman (DAAD). 

Selain menempuh pendidikan formal, pria yang kerap disapa Gus Abe ini juga mengaji ke beberapa pesantren, seperti Pondok Bunten Pesantren Cirebon, Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang, dan Pesantren Al Anwar Sarang Rembah di bawah asuhan KH Maimoen Zubair. 

3. Sosok yang aktif di beragam organisasi dan kegiatan

Selain aktif di organisasi PMII, Gus Abe juga aktif di berbagai organisasi maupun kegiatan lainnya. Ia pernah dipercaya menjadi Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Brawijaya pada tahun 2009-2010.

Nggak berhenti sampai di situ aja, ia juga terlibat dalam kongres Mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya dan menjadi Ketua KPI FISIP Universitas Brawijaya. 

4. Inisiator pendirian Pengurus Cabang Internasional

Sosok Abe juga dikenal sebagai salah satu inisiator pendirian Pengurus Cabang Internasional (PCI) PMII di tiga negara, yakni Maroko, Taiwan, dan Jerman. Pada negara terakhir itulah Abe ternjun langsung untuk membentuknya. 

5. Terpilih sebagai Ketua Umum PB PMII 2021-2023

Muhammad Abdullah Syukri terpilih menjadi ketua umum PB Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Masa bakti 2021-2023 dalam kongres yang digelar pada 25 Maret 2021. 

Abe mengalahkan sejumlah kandidat lainnya. Pada putaran kedua, ia unggul atas Muhammad Syarif Hidayatullah. Abe memperoleh 130 dari 242 suara dari 6 zona kongres. Sementara itu, Syarif mendapat 112 suara dari 242 suara.

BACA JUGA: Biodata Muhammad Abdullah Syukri, Lengkap Umur dan Agama, Millenial yang Jadi Ketua PMII 2021-2023

Nah itu dia biografi M Abdullah Syukri yang berhasil dirangkum KUYOU.  M Abdullah Syukri terpilih menjadi ketua umum PB PMII Masa bakti 2021-2023. 




M Abdullah SyukriBiografi M Abdullah SyukriBiodata M Abdullah SyukriUmur M Abdullah SyukriMengenal M Abdullah SyukriKiprah M Abdullah SyukriM Abdullah Syukri PMIIKetua PB PMII 2021-2023

Share to: