Daftar Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk Gaes

Daftar Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk Gaes

Daftar Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk Gaes

Negara penghasil beras terbesar di dunia (Foto Ilustasi: Pixabay)


Ini dia daftar negara penghasil beras terbesar di dunia, dimana Indonesia termasuk dalam daftar ini gaes. 

Seperti yang kita tahu, beras merupakan makanan pokok dan tertua yang masih banyak dikonsimsi sampai saat ini dengan lebih dari 40 ribu jenis gaes. 

Dilansir dari Food and Wine, orang Prancis hampir sama sekali tidak makan nasi, hanya 10 pon atau 4,5 kg setiap tahunnya gaes. Sedangkan, orang Amerika makan nasi lebih dari 20 pon atau 9 kg setiap tahunnya.

Jumlah ini sangat kecil kalau dibandingkan dengan orang-orang Asia yang mengonsumsi 300 pon atau 136 kg beras per tahun. Bahkan ada yang lebih banyak lagi lho, yaitu orang Uni Emirate Arab yang mengonsumsi 450 pon atau 204,1 kg beras setiap tahunnya gaes. 

Di sisi lain, seperti yang dilansir dari Mobile Cuisine, ternyata Asia memproduksi dan mengonsumsi 90 persen beras dunia lho gaes. 

BACA JUGA: Selain Oploverz, Ini Daftar Situs Streaming Anime 2021 Gaes

Lalu negara apa saja yang penghasil berasnya terbesar di dunia? Ini dia daftarnya berdasarkan data yang sudah berhasil dihimpun Tim KUYOU.id dari berbagai sumber berikut ini. 

1. Thailand (20,34 Juta Ton)

Seperti dilansir dari World Atlas pada 2018/2019, Thailand berhasil memproduksi 20,34 juta ton beras giling. Gak cuma itu aja gaes, Thailand juga mengekspor sekitar 7 sampai 8 juta ton beras pada tahun 2020 lho. 

Bahkan, produksi beras Thailand menyumbang sekitar 15 persen dari PDB pertanian Thailand gaes. 

Selain itu, negara Thailand juga terkenal dengan beras melati lho, yang populer di seluruh dunia karena rasa lengket dan aromanya yang khas. 

2. Vietnam (27,77 Juta Metrik Ton)

Negara Vietnam menjadi negara penghasil beras terbesar kedua di dunia nih gaes. Pasalnya, pada 2018/2019 Vietnam berhasil memproduksi 27,77 juta metrik ton beras dan mengekspor 6,6 juta metrik ton ke berbagai negara. Mulai dari Filipina, China, dan ke bebrapa negara di Afrika gaes. 

3. Bangladesh (34,91 Juta Ton)

Pada 2018/2019 produksi beras giling Bangladesh diperkirakan mencapai 34,91 juta ton. Diketahui, sektor beras menyumbang setengah dari PDB pertanian dan seperenam dari pendapatan nasional Bangladesh.

BACA JUGA: 8 Daftar Pemain dan Biodata CINTA UNTUK BUNDA yang Digadang Gantikan Ikatan Cinta, Ada Artis Cilik Baru Lho

4. Indonesia (36,70 Juta Metrik Ton)

Indonsia merupakan negara dengan penghasil beras terbesar keempat di dunia nih gaes. Produksi benih beras sebagian besar terjadi di pualu Jawa dan Sumatera, dengan hampir 60 persen produksi berasal dari Sumatera. 

Sebagai informasi aja nih, kalau di Indoensia padi ditanam oleh sekitar 77 persen dari semua petani gaes. Pada 2018/19, Indonesia berhasil menghasilkan 36,70 juta metrik ton beras lho. Yang lebih menariknya, 90 persen produksi beras di Indonesia berasal dari pertanian rakyat gaes.

5. India (15,74 Juta Ton)

Berikutnya adalah negara India gaes. Diketahui total produksi beras India melebihi 116 juta metrik ton dengan Benggala Barat adalah negara penghasil beras terbesar di India pada 2018/19.

India berhasil memproduksi 15,74 juta ton beras di atas lahan pertanian seluas 5,46 juta hektar pada tahun 2016 gaes. 

Selain pengekspor beras Basmatii terbesar di dunia dengan 4,4 juta ton yang diekspor pada 2018/2019,  India juga merupakan negara komsumen beras terbesar kedua dengan perkiraan konsumsi 100 juta metrik ton beras per tahunnya gaes. 

6. Tiongkok (148 Juta Ton)

Tiongkok merupakan penghasil beras terbesar di dunia dan negara pertama di dunia yang berhasil menghasilkan padi hibrida yang dibudidayakan dari dua jenis tanaman yang berbeda gaes.

Tanaman ini tumbuh di provinsi seperti Jiangsu, Anhui, Hubei, Sichuan di tepi Sungai Yangtze, dimana hampir 95 persen beras Tiongkok ditanam menggunakan metode tradisional gaes

Negara Tiongkok behasil mengahasilkan lebih dari 148 juta ton beras giling pada 2018/2019. Sebagai informasi aja nih, sekitar 65 persen warga Tiongkok mengonsumsi beras sebagai makanan pokok lho gaes.

BACA JUGA: Sinopsis dan Trailer X&Y, Film Vertikal dari TikTok, Lengkap Daftar Pemainnya

Nah, itu dia daftar negara penghasil beras terbesar di dunia, dimana Indonesia menempati urutan ke-4 gaes. 




Negara Penghasilan Beras Terbesar di DuniaDaftar Negara Penghasil Beras TerbesarNegara Penghasil Beras TerbesarNegara Penghasil BerasIndonesiaThailandVietnam

Share to: